1News.id, Cilacap – Pemkab Cilacap menetapkan tahun 2020 menjadi target capaian optimal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Bupati juga menantang kepala OPD untuk bekerja maksimal bagi capaian tersebut. “Tujuannya untuk percepatan pembangunan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” tandas Tatto.

Dia kembali menegaskan, sekarang kita susun target-target yang bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat.

“Tentu yang menyenangkan. Artinya yang berguna dan memang dibutuhkan masyarakat,” imbuh Bupati.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2020.

Kegiatan tersebut digelar di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap, Kamis(3/1/2019).

Kepada para kepala OPD, Tatto menekankan agar seluruh OPD menyusun perencanaan dan target secara optimal, dengan mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan, serta bekerja keras.

Dalam konsultasi publik tersebut, dipaparkan berbagai isu strategis pembangunan tahun 2020.

Diantaranya kualitas sumber daya manusia, tata kelola pemerintahan yang bersih transparan, kolaboratif, demokratis, efisien, efektif, dan akuntabel, serta perekonomian dan inovasi daerah.

Lantas pengentasan pengangguran dan kemiskinan, serta kualitas ketersediaan infrastruktur wilayah.

Selaku panitia penyelenggara, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Daryono menjelaskan, forum ini bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2020.

“Kegiatan ini diikuti sekitar 118 orang terdiri dari perwakilan unsur pemangku kepentingan (stakeholder) dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap,” katanya.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Ketua DPRD Cilacap Taswan, serta anggota DPRD Didi Yudi Cahyadi dan Purwati.

Ada tiga paparan dalam forum itu, yakni “Pokok-pokok Pikiran DPRD” oleh Ketua DPRD Cilacap, “Gambaran Keuangan dan Pendapatan Daerah” oleh Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Cilacap, Subiharto, serta “Arah Kebijakan Pembangunan” oleh Plt Kepala Bappelitbangda Cilacap, Sumbowo.

Kepada awak media, Sumbowo menerangkan, forum ini diikuti komponen pemangku kepentingan agar memberikan masukan-masukan bagi perencanaan pembangunan tahun 2020 agar aspirasi dari pemangku kepentingan bisa tertampung.

Sedangkan arah kebijakannya sama dengan RPJMD 2017-2020 yakni pembangunan ekonomi dan infrastruktur untuk membangun jalan di daerah pelosok dan perbatasan. (Red/E)

Berikan Tanggapanmu