(Photo : Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Damus Asa)

Selidiki Penyebab Kebakaran yang Hanguskan 58 Bangunan

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Meski sudah dilakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) awal oleh Tim Indonesia Automatic Finger Print Identification System (INAFIS) dan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) beberapa waktu lalu. Rabu (23/1/2019) nanti, Tim Puslabfor Mabes Polri cabang Surabaya akan didatangkan guna menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan 58 bangunan di Kecamatan Tenggarong, Kukar tersebut.

“ Iya benar. Jadualnya mereka (Tim Puslabfor Mabes Polri) akan kesini (Tenggarong,Red) hari Rabu. Awalnya direncanakan hari Senin ini, tapi mereka masih melakukan penyelidikan kapal tenggelam di Madura,” jelas Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa, Senin (21/1/2019) pagi.

Tim yang akan datang nanti sebanyak dua orang. Tim tersebut akan dipimpin seorang Perwira berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

“ Dua orang, ketua timnya berpangkat Kompol. Nanti setelah menyelidiki penyebab kebakaran, mereka akan membawa sampel bukti untuk dibawa ke Laboratorium Puslabfor Mabes Polri di Surabaya, Jawa Timur,” tutur Kasat, lagi.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di gang 8,9,10 yang berada di RT 14,15 dan 16 Jalan Danau Semayang dan Jalan Maduningrat, Kelurahan Melayu, Tenggarong menghanguskan 58 bangunan. Itu terdiri dari 56 rumah dan 2 tempat ibadah berupa Mushola dan Gereja. Dalam musibah sebanyak 55 Kepala Keluarga (KK) dan 227 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

Dari hasil olah TKP awal oleh Tim Inafis yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Damus Asa, Kanit Opsnal Ipda Aksar dan Kaur Inafis Aiptu Dian Heri Wahyudi, berhasil menemukan 7 bukti yang diduga kuat awal mula penyebab api berasal.

Bahkan dalam olah TKP itu, sejumlah barang bukti seperti alat elektronik, kompor dan kabel yang terbakar diamankan. Meski demikian, polisi masih belum bisa memastikan lebih pasti penyebab kebakaran itu.

“ Untuk penyebabnya masih kita selidiki. Sementara barang buktinya kami bawa dulu ke Mapolres Kukar untuk diteliti lebih lanjut,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar beberapa waktu lalu. (bay)

Berikan Tanggapanmu