PENGEDAR TERTANGKAP : SM dan AA saat diamankan di Mapolsek Loa Kulu beserta barang buktinya. (ist)

1News.id, Kutai Kartanegara – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Loa Kulu berhasil menangkap dua pengedar narkoba, Senin (7/1/2019) lalu di Desa Sepakat, Pal 10, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Mereka berinisial SM (33) warga Jalan Jendral Sudirman RT 009, Desa Loa Kulu Kota dan AA (24) warga Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

“ Saat ini kedua pelaku sudah kami amankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Mereka kami jerat dengan Pasal 114 Jo Pasal 112 Jo Pasal 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kapolsek Loa Kulu Iptu Darwis Yusuf kepada harian ini, Rabu (9/1/2019) pagi.

Terungkapnya kasus ini berawal saat Tim Petir Polsek Loa Kulu mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di Desa Sepakat, tepatnya di Pal 10 kerap dijadikan tempat transaksi narkoba. Mendapatkan info tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dilapangan.

“ Sekitar pukul 2 siang, anggota melihat seseorang yang mencurigakan sedang berada di Pal 10. Kemudian anggota langsung melakukan penangkapan dan menggeledah orang yang diketahui berinisial SM tersebut. Hasilnya, ditemukan 10 poket narkoba jenis sabu ukuran kecil ditangan SM,” ucap Darwis.

Usai diamankan, SM mengaku mendapat barang dari seorang pengedar di Samarinda berinisial AA. Dari info tersebutlah petugas langsung mengarah ke rumah AA di Samarinda Seberang.

“ Pelaku kedua kembali berhasil diamankan anggota di rumahnya. Dari tangan AA ini, anggota menemukan 4 poket sabu ukuran kecil lagi,” tambah Kapolsek.

Keduanya lalu dibawa ke Mapolsek Loa Kulu untuk diperiksa lebih lanjut. Selain sabu sebanyak 14 poket, petugas juga menyita uang tunai Rp 1 juta, dua dompet, satu handphone, pembungkus rokok, serta satu tempat kacamata.

“ Kami tidak akan tinggal diam dan kami akan terus menindak segala bentuk pelanggaran hukum, terutama narkoba. Apalagi pemberantasan narkoba di wilayah hukum Kukar merupakan salah satu program prioritas bapak Kapolres Kukar. Untuk itu kami himbau kepada selurus masyarakat agar selalu menjaga kerjasama ini demi keamanan lingkungan kita,” tegas Darwis. (bay)

Berikan Tanggapanmu