TIDAK WARAS : Petugas Satpol PP Kukar saat mengamankan Rohman, orang gila yang menantang warga sambil membawa pisau dapur di pinggir turap, Tenggarong, Rabu (16/1/2019) siang. (ist)

Tantang Kelahi Warga, Hingga Nyaris Tikam Anggota Satpol PP

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Suasana ramai terjadi di sebuah rumah di Gang Supoyono RT 5, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (16/1/2019) siang sekitar pukul 12.00 wita. Bukan karena maling atau kebakaran, melainkan orang gila yang bersembunyi di kolong rumah milik salah seorang warga.

Saat dikonfirmasi, Kepala Satpol PP Kukar, Fida Hurasani membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, sebelum bersembunyi di bawah kolong rumah warga, orang gila tersebut sempat menantang warga yang melintas di pinggir jalan sambil mengepalkan tangan. Bahkan, orang gila tersebut juga nyaris menikam salah seorang petugas Satpol PP yang mendatanginya.

“ Jadi sewaktu anggota saya datangi orang gila itu, ternyata dia membawa dua bilah senjata tajam (sajam) berupa pisau dapur. Ketika itu dia mencabut pisau itu, satu dipegang ditangan kiri, satunya ditangan kanan. Bahkan ketika anggota saya mendekatinya, dia mau menikam anggota saya. Untungnya anggota saya atlet tarung derajat, dan bisa menghindar,” kata Fida kepada harian ini.

Karuan saja, orang gila berkelamin pria itu langsung panik. Pasalnya saat itu banyak petugas Satpol PP lain dan warga sekitar yang mendatanginya. Kemudian orang gila tersebut “ Lari seribu langkah” untuk menghindari kejaran Satpol dan warga.

“ Hampir 300 meter orang gila itu lari dikejar anggota saya, sampai akhirnya dia bersembunyi di kolong rumah milik salah satu warga di Gang Supoyono itu,” terang Afe, akrab disapa.Meski di kolong rumah itu berlumpur, orang gila itu tetap bertahan meski diminta meski diminta keluar oleh petugas Satpol. Namun tidak lama kemudian, seorang petugas dari Polres Kukar datang sambil membawa senjata api (senpi). Karuan saja, orang gila itupun menyerah dan keluar sendiri setelah 30 menit berada di kolong rumah itu.

“ Awalnya kami tidak tahu kalau dia orang gila. Kemudian anggota saya bawa ke Polsek Tenggarong. Setelah diberitahu orang ini ternyata orang gila, anggota saya langsung bawa dia ke Dinas Sosial (Dinsos) Kukar. Bahkan kata anggota saya, sewaktu di TKP, ada seorang ibu yang bilang kalau orang gila ini pernah masuk ke rumahnya,” urai Afe.

Setibanya di Dinsos, diketahui bahwa orang gila ini bernama Rohman (47) asal Bulungan, Tanjung Selor. Rohman sudah pernah di tangani oleh Dinsos Kukar dan dikirim ke rumah sakit jiwa. Diduga kuat, Rohman sempat sembuh, namun penyakit gangguan jiwanya kembali kambuh.

“ Tadi sudah kami serahkan ke Dinsos. Mungkin akan dibawa ke rumah sakit jiwa lagi,” tuturnya.(bay)

Berikan Tanggapanmu