HANGUSKAN BELASAN : Kebakaran besar melanda Kota Raja, Tenggarong, Rabu (16/1/2019) malam. Untuk sementara diperkirakan sebanyak belasan rumah terbakar beserta sebuah gereja. Tampak petugas BPBD Kukar saat berupaya melakukan pemadaman. (ist)

Banyak Warga Menonton, Petugas Pemadam Kebakaran Sempat Kewalahan

1News.id, KUTAI KARTANEGARA – Rabu (16/1/2019) malam sekitar pukul 19.45 wita, kobaran api mendadak terjadi di Gang 9 Jalan Danau Semayang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut menghanguskan sebuah gereja dan belasan rumah di tiga RT, yakni RT 14, 15 dan 16. Pasalnya, kebakaran yang awalnya terjadi di Jalan Danau Semayang itu, belakangan tembus hingga ke Jalan Maduningrat.

“ Kita belum bisa memastikan berapa jumlah pasti rumah yang terbakar. Untuk saat ini kita hanya mengetahui ada Gereja Philadelpia yang terbakar, sementara untuk rumahnya, kami perkirakan ada belasan. Nanti data lengkapnya besok (Kamis,Red),” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kapolsek Tenggarong Iptu Triyadi kepada wartawan.Saat kebakaran terjadi, petugas pemadam kebakaran di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar kesulitan menjinakkan api. Pasalnya ketika itu tiupan angin cukup kencang ditambah lokasi kebakaran merupakan kawasan padat penduduk dan rata-rata bangunan terbuat dari kayu.

Bahkan, petugas BPBD Kukar sempat kewalahan karena api makin membesar dan banyaknya warga datang hanya untuk menonton. Hingga akhirnya BPBD Kukar-pun bergegas meminta bantuan dari tim relawan dari Samarinda, Loa Janan dan Loa Kulu.

Kebakaran yang kian membesar itupun akhirnya berhasil takluk atau padam sekitar pukul 22.40wita setelah belasan unit mobil pemadam dibantu masyarakat dan Water Canon milik Satuan Sabhara Polres Kukar melakukan penyiraman.

Sementara itu, menurut informasi dari Satpol PP Kukar, kebakaran yang terjadi di tiga RT berawal dari rumah kosong yang ditinggal pemiliknya berjualan ke pasar malam yang berada di Gang 9. Api tersebut melahap rumah yang ditinggal kosong tersebut hingga merambat ke rumah warga lain di Gang 10. 

Untuk jumlah rumah di RT 15 yang terbakar sebanyak 5 unit, kemudian di RT 16 sebanyak 2 unit rumah dan 1 gereja. Sedangkan di RT 14 belum diketahui, karena Ketua RT-nya masih dalam keadaan syok, lantaran rumahnya juga ikut terbakar dalam musibah ini.

“ Saat ini kami sudah membuka posko di Jalan Danau Semayang, tepatnya dibelakang rumah besar,” kata Kepala Satpol PP Kukar, Fida Hurasani. (bay)

Berikan Tanggapanmu