PUTRA BANGSA : Sudirman Akbar, petarung MMA asal Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang berhasil memenangkan kejuaraan MMA International di Timor Leste. (ist)

Menangkan Laga Utama MMA Internasional di Timor Leste

1News.id, SAMARINDA – Satu lagi putra bangsa yang berhasil membawa nama Indonesia ke kancah International. Setelah sebelumnya nama Lalu Mohammad Zohri asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berhasil meraih emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia. Kali ini, seorang pemuda asal Samarinda bernama Sudirman Akbar, berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam laga MMA (Mixed Martial Arts) tingkat International.

Laga tersebut berlangsung di Negara Timor Leste, tepatnya di Open Stadium, Daerah Suai, Kamis (15/11/2018) lalu. Laga bertemakan ‘ Suai Extreme ’ itu di ikuti peserta dari 4 Negara, yakni Malaysia, Thailand, Indonesia dan Timor Leste. Sebagai laga utama, Sudirman Akbar menghadapi Marcleino asal Timor Leste.

Dalam pertarungan MMA Profesional melawan Marcleino, Sudirman tidak memerlukan waktu selama 3 ronde. Hanya di menit ke-2 saat ronde pertama, Sudirman berhasil memenangkan pertandingan usai menang KO melawan petarung andalan tuan rumah tersebut.

“ Lawan yang saya hadapi itu adalah murid dari juara kelas bantam One Pride, Abro Fernandes. Alhamdulillah berkat doa istri dan anak serta teman-teman, saya bisa memenangkan pertandingan di laga MMA International ini,” ucap Sudirman kepada 1News, Minggu (2/12/2018) pagi.

Saat di undang menghadiri laga International tersebut, Sudirman merupakan satu-satunya perwakilan dari Kaltim. Sementara satu petarung lainnya berasal dari Kalimantan Barat (Kalbar). Dengan keberhasilan ini, Sudirman mengaku sangat senang dan pastinya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

“ Karena ini mimpi saya, selain membanggakan keluarga, saya ingin membanggakan Negara Indonesia,” ungkap pria kelahiran Samarinda, 6 Desember 1988 ini.

Laga ini, terang Sudirman, merupakan laga pertamanya di tingkat International. Sudirman bertekad akan terus meningkatkan prestasinya untuk Indonesia, khususnya Kaltim.

“ Saya senang dengan pengalaman ini, apalagi Timor Leste merupakan Negara yang pernah bergabung dengan Indonesia. Dengan kemenangan ini, saya berharap bisa go International lagi,” ucap ayah anak satu ini.

Dengan keberhasilan ini, petarung berjulukkan ‘ The Man Of Eagle ‘ ini berpesan kepada seluruh pemuda Indonesia, terutama di Kaltim agar bisa terus berjuang menggapai cita-cita demi keluarga dan Negara.

” Tetap semangat, jangan pantang menyerah untuk bangsa Indonesia dan daerah tempat lahir kita,” tegas Pelatih MMA di Rajawali Academy Samarinda ini. (bay)

Berikan Tanggapanmu