1News.id, Cilacap – MTs Al Mukaromah Karangjati Sampang Cilacap menyelenggarakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan Pramuka (LDK Pramuka) Selasa-Kamis (11-13/12) di Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh 42 Pramuka Penggalang yang terdiri dari 33 penggalang Puteri dan 9 penggalang putera. Peserta LDK dilepas oleh Kepala Sekolah Nasihin, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus).

Dalam sambutannya Nasihib menyampaikan bahwa LDK sebagai ajang mencari ilmu, mengasah potensi diri, melatih berorganisasi, membentuk karakter kepemimpinan agar siap menghadapi tantangan zaman.

“Dengan adanya kegiatan LDK pramuka ini, diharapkan para penggalang Pramuka Pangkalan MTs Al Mukaromah, memiliki kepribadian yang tangguh, tahan banting, serta mampu menjadi pemimpin yang berkarakter dimasa mendatang,” katanya

Pembina Pramuka Farid Fauzy mengantakan kegiatan dimulai dari pemberangkatan dari sekolah sekitar pukul 08.00 WIB dilanjutkan perjalanan ke Bumper. Kemudian peserta mendirikan tenda kurang lebih 1 jam. Setelah tenda berdiri para peserta memasak.

“Para peserta terlihat sangat antusias dan penuh semangat dalam mengikuti kegiatan. Saat mereka melaksanakan kegiatan memasak, ada peserta terlihat ragu-ragu, bisa jadi ini pengalaman pertama mereka memasak,” katanya.

Menurut Farid pihak sekolah, sengaja melakukan kegiatan kemah pendidikan diluar, terkandung maksud untuk melatih kemandirian. Meski sebagian besar peserta belum pernah memasak, nyatanya mereka bisa walaupun ada yang gosong, hambar, terlalu asin, bahkan ada yang membawa gas tetapi kompornya tertinggal walaupun sebelum berangkat sudah dilakukan cek list.

Farid menambahkan setiap kegiatan hampir semua pembentukan karakter anak. Termasuk membiasakan sholat berjamaah dalam kesibukan berkegiatan.

“Untuk mewujudkan setiap Pramuka adalah kantor berita kami membuat jadwal salah satunya adalah pengenalan jurnalistik, yang menghadirkan pemateri dari Humas Kwarcab Banyumas Kak Parsito,” katanya

Dengan ilmu teknik penulisan berita, reportase, dan cara mengambil gambar diharapkan mereka dapat mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan melalui media.

Sumber : Erliana Puspita Via Parsito

Berikan Tanggapanmu