DIAMANKAN : Kapolsek Muara Kaman AKP TM Panjaitan saat memperlihatkan narkoba yang diamankan dari tangan Jn. (ist)

Lihat Penangkapan, Pembelinya Kabur Pakai Ketinting

1News.id, Kutai Kartanegara – Kepolisian Sektor Muara Kaman berhasil menangkap satu pengedar narkoba berinisial Jn (50) warga Desa Segihan RT 2, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Dia ditangkap di Desa Muara Kaman Ilir, Kecamatan Muara Kaman, Kukar, Jumat (30/11/2018) pagi sekitar pukul 09.00 wita.

“ Pelaku kami tangkap saat mau bertransaksi narkoba jenis sabu di pinggiran sungai di Desa Muara Kaman Ilir. Dari tangan pelaku kami mengamankan 6 poket sabu seberat 19,69 gram yang disembunyikan di perahu ketinting,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, melalui Kapolsek Muara Kaman AKP TM Panjaitan kepada harian ini, Sabtu (1/12/2018) pagi.

Panjaitan menerangkan, kasus ini terungkap saat petugas Polsek Muara Kaman mendapatkan informasi bahwa di Desa Muara Kaman Ilir, tepatnya dipinggiran sungai sering terjadi transaksi narkoba. Mendapatkan info tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan.

“ Sewaktu di lokasi, anggota melihat seorang pria yang sedang berdiri sendirian dipinggiran sungai dan tampak mencurigakan,” kata Kapolsek.

Kemudian lanjutnya, petugas langsung mendatangi pria itu. Karuan saja, Jn yang mengaku sedang menunggu teman tampak gelisah dan menambah kecurigaan petugas. Tanpa menunggu lama, Jn langsung diamankan dan dilakukan penggeledahan.

“ Saat kita geledah ditubuhnya tidak ditemukan apa-apa, tapi saat kita memeriksa perahu ketinting miliknya, kami temukan narkoba sebanyak 6 poket yang disimpan di tas selempang,” terang Panjaitan.

Selain 6 poket sabu, petugas juga mengamankan 1 buah inex warna biru, beserta barang bukti lainnya termasuk uang tunai Rp 1 juta. Narkoba yang dibawanya tersebut rencananya akan diambil oleh seorang pembeli. Tapi saat melihat Jn ditangkap, pembeli tersebut memutarbalik arah perahu ketintingnya dan kabur.

“ Pembelinya kabur pakai perahu ketinting, sehingga mempersulit pengejaran. Tapi identitasnya sudah kami ketahui,” tutur Panjaitan.

Usai diamankan, Jn langsung dibawa ke Mapolsek Muara Kaman untuk diperiksa. Saat ini Jn sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal  114 Ayat (2) Jo Pasal 112 Ayat (2) UURI Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman pidana kurungan maksimal 20 tahun. (bay)

Berikan Tanggapanmu