SIMULASI BENCANA : Personil gabungan Sat Sabhara Polres Kukar bersama BPBD dan Satpol PP Kukar saat melakukan simulasi bencana banjir. (ist)

Polres Kukar Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2018

1News.id, Kutai Kartanegara – Kepolisian Resor Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (6/12/2018) pagi sekitar pukul 08.00 wita menggelar Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2018 di wilayah Kukar. Apel tersebut berlangsung di depan Museum Mulawarman Tenggarong, tepatnya di Jalan Diponegoro, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kukar.

Apel tersebut langsung dipimpin Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, dengan komandan apel Kanit Dalmas Polres Kukar IPDA Made Satria. Turut hadir pula dalam kegiatan, Kajari Kukar Kasmin, Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria, Sekda Kukar Ir Sukhrawardy, Kepala Satpol PP Fida Hurasani, Camat Tenggarong Janhariansyah, Danramil Tenggarong Kapten Inf Rokim, Komandan Pos AL Anggana Letda Dwi Hartono beserta undangan.

Selama apel berlangsung, Jalan Diponegoro ditutup dan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Apel tersebut diikuti ratusan personil gabungan dari Polres Kukar, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satgas PT Maju Kalimantan Hadapan (MKH).

“ Apel kesiapsiagaan ini dilaksanakan sebagai antisipasi kemungkinan adanya bencana alam yang terjadi di Kukar,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat membacakan amanat Plt Bupati Kukar Edi Damansyah.Kemudian, lanjut Anwar, diharapkan kepada peserta apel agar tetap waspada terhadap kemungkinan bencana yang terjadi di wilayah masing-masing.

“ Seluruh instansi harus siaga dan mengoptimalkan koordinasi secara cepat dan tepat untuk mengamankan serta meminimalisir dampak yang mungkin terjadi. Selain itu selalu periksa seluruh peralatan dan dukungan logistic untuk mengantisipasi secara dini apabila terjadi bencana,” imbaunya, lagi.

Namun ungkap Kapolres, keamanan wilayah tak hanya bisa dilakukan aparat Polri, TNI dan Pemda Kukar saja. Tapi adanya peran serta masyarakat sangat penting dan membantu.

“ Seluruh masyarakat hendaknya bisa ikut berperan aktif dalam meminimalisir dampak bencana yang mungkin saja terjadi,” ucapnya.Usai apel digelar, dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana banjir oleh tim gabungan Polres Kukar, BPBD Kukar dan Satpol PP disaksikan unsur Muspida Kukar dan undangan di Sungai Mahakam depan Museum Mulawarman Tenggarong. (bay)

 

Berikan Tanggapanmu