1News.id, Cilacap – Sedikitnya 85 warga Dusun Winong, Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, melakukan cek kesehatan, Jumat (7/12/2018) pagi.

Kegiatan yang digelar di Balai Dusun Winong ini merupakan yang ketiga kalinya dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sumber Segara Primadaya (S2P) selaku pengelola PLTU Cilacap di bidang kesehatan, yakni Cek Kesehatan Keliling (Cekeli).

Sebelumnya, Cekeli ini dilaksanakan di Dusun Rawajarit, Desa Menganti dan Dusun Kuwasen, Desa Karangkandri.
Staf CSR PT S2P Sarjoko mengatakan, kegiatan semacam ini direncanakan tiga bulan sekali.

“Ini merupakan bentuk kepedulian PLTU Cilacap kepada kesehatan masyarakat terutama di sekitar lokasi beroperasinya PLTU,” ucap Sarjoko.

Terkait jenis penyakit yang sering dikeluhkan warga dalam setiap pelaksanaan Cekeli, Sarjoko menjelaskan yang terbanyak adalah gula darah, juga ada penyakit lain seperti ashma.

Untuk ISPA, menurut Sarjoko, perlu dikaji ulang oleh tim ahli. Karena tidak seluruh warga bisa mendaftar, yang paling banyak adalah ibu-ibu dan orang tua.

Terhadap penyakit dalam sejenis ISPA, pihak PLTU tidak menjangkau hingga ke dalam sebab hanya sebatas memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan.

Sarjoko berharap, kegiatan ini bisa diterima masyarakat dengan baik dan masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik pula, serta warga di sekitar PLTU sehat semuanya.

Salah satu warga RT 10 RW 10 mengaku senang bisa melakukan cek kesehatan, sehingga tahu penyakit apa yang selama ini dideritanya, yaitu rematik, kolesterol, dan gula.

Ditanya keinginan terhadap PLTU, perempuan berumur 55 tahun dan akrab dipanggil Bu Ragil itu meminta agar PLTU memberikan kompensasi berupa uang tunai berkisar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 setiap bulan. (Red/E)

Berikan Tanggapanmu