3.197 Peserta Tes di Dua Sekolah, Yang Lolos Lanjut Tes SKB

1News.id, SAMARINDA – Dalam peninjauan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Samarinda 2018 yang berlangsung di gedung SMP Negeri 22 dan SMK Negeri 1 Samarinda, Senin (5/11/2018) lalu, terdapat 3.197 peserta yang mengikuti tes. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Samarinda, Arliansyah menerangkan, jumlah pendaftar CPNS Samarinda melalui online sebanyak 4.383 peserta. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 4.044 pelamar saja yang mengirimkan berkas. Selain itu, akibat keterbatasan ruang ujian, tes SKD CPNS dibagi menjadi beberapa jadwal.

“ Dari jumlah pelamar secara online, masih ada 339 peserta yang belum menyerahkan berkas ke Pemkot. Kemudian dari hasil verifikasi, ada 844 berkas yang tidak memenuhi syarat. Sehingga, yang memenuhi persyaratan hanya 3.197 peserta dan yang menjalani tes mulai hari ini (Senin,Red.),” kata Arliansyah kepada wartawan.

Diterangkannya lagi, usai pelaksanaan tes SKD, peserta yang lolos akan kembali mengikuti tes pada tanggal 22-23 November mendatang berupa Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Arliansyah menambahkan, sejauh ini pihaknya masih menunggu arahan BKN (Badan Kepegawaian Nasional) untuk seleksi selanjutnya.

Sekedar diketahui guna melancarkan jalannya tes SKD CPNS, sebanyak lima kelas di SMK Negeri 1 dan satu kelas di SMP Negeri 22 digunakan. Selama ada tes, maka pelajar disekolah tersebut diliburkan selama sepekan. Masing-masing kelas yang digunakan memiliki kapasitas yang berbeda. Ada yang bisa menampung 40 peserta, ada yang kurang dari itu.

Dalam tes SKD ini, tegas Arliyansyah, sanksi tegas diberikan kepada peserta seleksi yang terlambat datang ke lokasi ujian.

“ Pada SKD hari pertama, terdapat beberapa peserta yang datang terlambat dan otomatis gagal ikut. Itu memang SOP-nya (Standar Operasional Prosedur) seperti dari Pusat,” ucapnya. (Ono918)

Berikan Tanggapanmu