1News.id, Cilacap – Mengantisipasi makin berkembangnya bahaya laten komunis (Balatkom) dan paham radikal, Kodim 0703/Cilacap menggelar sosialisasi bertajuk Pembinaan Antisipasi Balatkom dan Paham Radikal di Aula Satya Kartika, kompleks Makodim 0703/Cilacap, Jalan Jenderal Soedirman No D1 Cilacap, Kamis (1/11/2018).

Sosialisasi diikuti para Danramil, Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Kodim 0703/Cilacap.

Tampak hadir Ketua PPAD Cilacap Sumpono, Ketua Pepabri Cilacap Harjono, anggota FKPPI dan Warakawuri.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto mengatakan, kegiatan ini merupakan program satuan yang dilaksanakan pada Semester II Triwulan IV yang bertujuan agar kita benar-benar memahami bahaya laten komunis dan paham radikal, sehingga kita bisa mengambil langkah yang tepat dalam mencegah berkembangnya ajaran laten komunis dan paham radikal.

Disebutkan, ada berbagai ancaman yang mengganggu keutuhan dan kedaulatan NKRI baik yang datang dari luar maupun dalam negeri.

Ancaman dari dalam negeri diantaranya bahaya laten komunis dan paham radikal, namun akhir-akhir ini ada indikasi kedua kelompok tesebut ingin menghidupkan kembali ideologi mereka.

“Upaya aparat komando kewilayahan (Apkowil) dan aparat intelijen (Apintel) sangat penting untuk mencegah berkembanganya kedua kelompok yang dari dulu selalu bertentangan dengan ideologi Pancasila ini,” Kasdim menerangkan.

Diharapkan peserta dapat memahami bahaya laten komunis dan paham radikal dengan melihat berbagai fenomena yang berkembang saat ini.

“Bagi rekan-rekan Babinsa jangan merasa jenuh atau bosan untuk terus memonitor perkembangan situasi diwilayahnya, sehingga kita bisa mengantisipasi setiap kejadian yang berkaitan dengan kedua kelompok tersebut,” harapnya.

Sosialisasi ini juga menampilkan materi yang disampaikan Pasi Intel Kapten Inf Kadisan, untuk membekali peserta tentang bahaya laten komunis dan paham radikal. (Red/E)

Berikan Tanggapanmu