foto: parsito

1News.id, Banyumas – Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asekbang) Sekda Kabupaten Banyumas Ir Didi Rudwianto M Si selaku Anggota Mabicab membuka pesta siaga cabang Sabtu (24/11) di Lapangan Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutanya Didi mengatakan pendidikan kepramukaan merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga, antara lain mengenai disiplin, persaudaraan, bhakti terhadap masyarakat dan pembentukan karakter.

“Untuk mencapai tujuan gerakan pramuka perlu suatu usaha dan kegiatan yang dapat membangkitkan, mengatur, mendorong, mengarahkan dan mengendalikan keinginan, semangat serta daya kemampuan anak didik pramuka siaga,” katanya

Menurut Didi melalui kegiatan Pesta Siaga juga merupakan wujud pembinaan dan upaya peningkatan persaudaraan, kekeluargaan, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan para pramuka siaga, karena pesta siaga ini telah disesuaikan dengan keperluan, keinginan, kepentingan dan perkembangan. Yang lebih penting penanaman nilai luhur.

Sementara ketua Panitia Adi Suroso S.Pd mengatakan kegiatan bertujuan untuk memberi wadah yang terarah dalam kegiatan peserta didik, dengan harapan setelah mengikuti pesta siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta dapat mengembangkan di gugus depannya masing-masing.

“Kegiatan diikuti 56 barung dengan perserta sebanyak 560 pramuka siaga yang terbagi dalam 28 barung putra dan putri, termasuk 2 barung dari adik adik siaga berkebutuhan khusus dari SLB Yakut Purwokerto,” jelas Adi.

Berikan Tanggapanmu