1News.id, SAMARINDA – Dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi (Pemprov ) Kalimantan Timur (Kaltim) beserta jajaran TNI Korem 091 ASN dan Polresta Samarinda, berencana segera membangun fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk korban bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (07/10/2018).

Hal ini diterangkan langsung oleh Komandan Korem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Irham Waroihan beberapa waktu lalu pada media ini, saat melepas keberangkatan kapal tongkang  No Sea 235. Yang memuat bantuan logistik sebanyak 200 Ton dari pelabuhan Samarinda untuk korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala saat ini.

“ Dalam satu bulan ini kami fokus untuk menyalurkan bantuan logistik yang merupakan kebutuhan primer seperti obat – obatan, makanan cepat saji, tenda, terpal, serta perlengkapan sanitasi, dan peralatan penerangan. Serta beberapa kebutuhan bayi dan balita juga sudah kami siapkan,” kata Irham.

Kemudian lanjutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim dan Polresta Samarinda untuk membangun fasilitas seperti sekolah – sekolah darurat dan puskesmas.

“ Itu untuk membantu memberikan layanan pendidikan dan kesehatan pada korban gempa,” ungkapnya lagi.

Berdasarkan laporan yang berhasil dihimpun media ini, sudah ada tiga kali bantuan logistik yang diberangkatkan dari pelabuhan Samarinda dengan kurun waktu sepekan. Pemprov Kaltim juga telah mengalokasikan dana sebesar 2,5 miliar rupiah, sebagai Dana Tanggap Darurat yang akan dikirimkan dalam waktu dekat ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“ Saya menilai, sebagai salah satu provinsi yang sangat dekat dengan lokasi bencana diwajibkan untuk mengutamakan misi kemanusian ini dan menyalurkan bantuan yang saat ini menjadi kebutuhan prioritas di Palu, Sigi dan Donggala,” tegas Irham. ( Ono918)

 

Berikan Tanggapanmu