1News.id, Cilacap – Lagi, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cilacap menggelar sosialisasi Pengembangan Kapasitas di Instansi Swasta, Selasa (16/10/2018) pagi.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut pelaksanaan program pemberdayaan peran serta masyarakat di lingkungan swasta, dan dilaksanakan di Hotel Mutiara Cilacap.

Peserta sebanyak 30 orang, berasal dari unsur industri, perbankan, perhotelan, dan usaha hiburan.

Dalam kegiatan ini, Kepala BNNK Cilacap AKBP Drs Triatmo Hamardiyono MSi memberikan materi tentang Kebijakan dan Strategi Nasional di Bidang P4GN, Kasi Pemberantasan BNNK Cilacap Kompol Anung Suyadi SH menyampaikan materi tentang Aspek Hukum Bidang P4GN.

Sedangkan materi tentang Adiksi, Konseling dan Rehabilitasi disampaikan oleh dr Septi Pramudowardani selaku praktisi Rehabilitasi. Dan, Kasi P2M BNNK Cilacap Parwito SSos MM memandu para peserta membuat rencana aksi bidang P4GN yang akan diimplementasikan di lingkungan kerja masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan para peserta memahami persoalan narkoba di Indonesia dan menyadari bahwa persoalan narkoba merupakan tanggung jawab bersama, termasuk para pekerja swasta.

Selain itu, para peserta nantinya mampu menjadi Penggiat Anti Narkoba di lingkungan kerja masing-masing, dan mampu memberikan sosialisasi P4GN pada rekan sekerja, memfasilitasi rekan atau kerabat yang membutuhkan rehabilitasi, serta melaporkan kepada pihak berwajib apabila ada indikasi peredaran gelap narkoba di lingkungannya.

Kepada awak media, Kepala BNNK Cilacap AKBP Triatmo Hamardiyono menjelaskan kegiatan sosialisasi ini untuk masyarakat kalangan swasta.

Menurut dia, BNNK Cilacap selama ini telah melakukan sosialisasi di instansi-instansi pemerintah, dinas, kalangan pendidikan, militer, dan saat ini swasta.

“Tujuannya bahwa tugas pemberantasan narkoba bukan hanya tugas BNN tetapi juga merupakan tugas masyarakat untuk bersama-sama memberantas narkoba,” katanya.

Dia menambahkan, selama melakukan sosialisasi dan tes urine, untuk wilayah Cilacap dinyatakan negatif narkoba.

Hanya untuk rehabilitasi justru mencapai ratusan dan lokasi tersebar di Sampang, Maos, dan Kroya.

Pihaknya mengimbau masyarakat ikut membantu tugas BNN karena hal itu sudah tersurat dalam Pasal 104 UU No 35 Tahun 2009, bahwa tugas P4GN bukan hanya tugas BNN semata tetapi juga menjadi tugas dan peran aktif masyarakat untuk memberikan informasi kepada BNN. (Red/E)

Berikan Tanggapanmu