Ekspedisi Merah Putih Polres Kukar di Gunung Sundoyo

1
351

Photo : Bayu/1News.id

Ekspedisi Merah Putih Polres Kukar dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Melalui Ekspedisi ini semoga mengingatkan kita semua terhadap seluruh perjuangan para pahlawan dalam mendirikan NKRI dengan tumpahan darah dan sejuta pengorbanan. Kita sebagai bangsa yang besar, harus selalu mengingat jasa-jasa pahlawan dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Ekspedisi ini juga dilaksanakan dalam rangka mendengungkan gema Asian games 2018 di Indonesia. Saat ini kita sebagai tuan rumah, mari kita sukseskan Asian Games dan tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Merdeka…Merdeka…Merdeka…!!!

Jalan Kaki 10 Kilometer Arak Bendera, Lintasi Tanjakan Terjal 90 Derajat”

ITULAH sebuah pembuka yang disampaikan Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar saat melepaskan 100 petugas gabungan yang mengikuti Ekspedisi Merah Putih ke Gunung Sundoyo. Sebuah lokasi dengan ketinggian mencapai ribuan kaki dari permukaan laut, terletak di Dusun Taman Arum, Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kukar.

Sejak pukul 05.30 Wita, 100 petugas mulai perwira dan bintara, termasuk polisi wanita (Polwan) serta ibu-ibu Bhayangkari berbaris di Halaman Mako Polres Kukar. Setelah dilakukan upacara pelepasan peserta, ditandai dengan penyerahan bendera merah putih kepada 3 perwakilan peserta, barisan pembawa bendera itu langsung bergerak menuju puncak Gunung Sundoyo.

“ Petugas yang ikut Ekspedisi ini akan melakukan perjalanan ke Gunung Sundoyo tersebut sekitar 10 Kilometer dari sini (Mako Polres Kukar, Red),” ujar Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar kepada wartawan.

Photo : bayu/1news.id

Begitu Kapolres mengibarkan bendera start, maka ratusan peserta yakni perwira, bintara serta ibu-ibu Bhayangkari masing-masing membawa bendera merah putih, langsung bergerak meninggalkan halaman Mako Polres Kukar. Tidak tanggung-tanggung, Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria yang langsung memimpin barisan untuk mengibarkan merah putih di puncak gunung tersebut.

“ Inilah salah satu kado dari kami (Polres Kukar, Red.) untuk Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 Tahun. Karena melalui kegiatan ini, banyak makna positiv dapat kami petik,” kata Kapolres, lagi.

Selain itu, lanjut Anwar, perjalanan ke puncak gunung itu harus menempuh perjalanan cukup melelahkan, apalagi ketika sudah di lokasi tanjakan mendekati bagian puncak, diperlukan semangat serta kekompakan semua peserta.

Photo: Bayu/1News.id

“ Dari situlah kita bisa merasakan kobaran semangat perjuangan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan dari penjajah,” ungkapnya.

Karuan saja kegiatan Ekspedisi Merah Putih Polres Kukar ke Puncak Gunung Sundoyo itu seketika menarik perhatian masyarakat. Khususnya para warga tinggal di sepanjang jalur perjalanan dari Mako Polres Kukar sampai ke kaki Gunung Sundoyo di Sumber Sari, Loa Kulu. Semangat para peserta, termasuk para Polwan dan ibu-ibu Bhayangkari Polres Kukar ini saat mendaki tanjakan untuk ke puncak gunung, patut diacungi jempol.

“ Saya salut, bangga dan terharu dengan semangat para peserta Ekspedisi Merah Putih ke puncak Gunung Sundoyo ini. Dengan kondisi mendaki jalan terjal nyaris mencapai 90 derajat ini, semua peserta sangat bersemangat pantang lelah,” ucap Wakapolres Kompol Wiwit saat tiba di puncak Gunung Sundoyo.

Photo : Bayu/1News.id

“  Memang sebenarnya tadi saya sempat khawatir, apalagi ada ibu-ibu Bhayangkari serta Polwan. Ternyata semua mampu sampai ke puncak tertinggi untuk bersama-sama mengibarkan merah putih,” tambah Wiwit, lagi.

Kendati telah mencapai puncak, bukan berarti tantangan bagi peserta sudah berakhir. Setelah mengibarkan bendera serta beristirahat sejenak, sekaligus menikmati pemandangan alam dari ketinggian, berupa hamparan sawah serta hijaunya hutan dan sekilas permukaan Sungai Mahakam, peserta belum dapat bernapas lega. Karena perjalanan menuruni lereng terjal itu, juga memiliki resiko besar.

“Tapi Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar sampai selesai,” kata Wiwit.

Luar biasanya lagi, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di Pulau Kalimantan oleh jajaran Polri. (bay/1News.id)

Photo : DroneHumasPolresKukar

1 KOMENTAR

Berikan Tanggapanmu