MOTOR TETANGGA : AS alias Kancil usai ditangkap petugas Polsek Sebulu pada Kamis (23/8) kemarin lantaran selama sepekan mencuri motor trail tetangganya.

1News.id, Kutai Kartanegara – Lantaran tergoda sepeda motor trail merk Honda CRF150L warna merah milik tetangganya, AS alias Kancil (19) warga Jalan Kulintang, Kota Samarinda harus berakhir di dalam penjara. Kancil ditangkap petugas Polsek Sebulu karena mencuri sepeda motor milik tetangganya saat tinggal di RT 09 Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Pencurian yang dilakukan Kancil terjadi, Jumat (17/8) dinihari lalu. Kebetulan saat itu pemilik sepeda motor tersebut sedang tidak ada di rumah. Sontak saja, Kancil bergegas melarikan sepeda motor idamannya itu ke tempat yang lebih aman.

Ternyata, bau busuk tetap saja tercium meski aksi yang dilakukan Kancil tidak ada yang mengetahui. Pemilik sepeda motor mencurigai kalau Kancil pelakunya. Pasalnya sejak hilangnya sepeda motor tersebut bersamaan dengan hilangnya keberadaan Kancil di Desa Mekar Jaya itu.

“ Aksi pencurian motor trail itu baru dilaporkan korbannya ke petugas kami di Polsek Sebulu, setelah sepekan kemudian. Tepatnya Kamis (23/8) pagi (kemarin, Red) setelah mencurigai seorang pemuda yang tinggal tak jauh dari rumah korban, ikut ‘menghilang’ bersamaan dengan lenyapnya motor trail tersebut,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Sebulu AKP Zainal Arifin.

Memang, setelah mengetahui motornya raib dari rumah pada Jumat (17/8) pagi lalu, pemilik trail itu tak langsung mengadu ke polisi. Melainkan bertanya-tanya ke tetangga sekitar, apakah ada melihat hal-hal mencurigakan pada dinihari Jumat yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-73. Rupanya usaha pemilik motor tak sia-sia, sebab ada seorang ibu-ibu yang tinggal dekat TKP, sempat melihat seorang pemuda berperawakan agak tinggi, mendorong motor trail dimaksud.

“Penuturan saksi yang tak lain tetangga korban itu, kejadiannya sekitar pukul 04.00 Wita, Jumat (17/8) dinihari. Dari situlah korban berserta sejumlah warga sekitar curiga si pelaku tak lain Kancil. Karena setelah kejadian itu pula, Kancil diketahui tak lagi kelihatan tinggal di Desa Mekar Jaya,” jelas Kapolsek Zainal.

Begitu menerima laporan dari korban, sejumlah petugas Unit Reskrim Polsek Sebulu langsung dikerahkan menyelidiki. Polisi langsung fokus melakukan pencarian ke alamat asal Kancil di kawasan Jalan Kulintang, Samarinda. Rupanya memang tidak keliru. Sebab ketika menggerebek kediaman Kancil di Jalan Kulintang Samarinda, petugas Polsek Sebulu menemukan motor trail warna merah bernopol DP 3417 RM milik korban.

“Saya sangat ingin motor trail. Tapi karena tidak punya uang untuk membeli, terpaksa saya mencurinya. Kini saya sangat menyesal,” ucap Kancil yang kini dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, karena nekat menyambar motor seharga Rp 32 juta tersebut. (bay)

Berikan Tanggapanmu