1News.id,  Banyunas – Tim Karate Laskar Macan Banyumas menyabet enam medali emas dan tiga perak, pada Kejuaraan Provinsi Jateng-DIY di Semarang, 20-23 Juli. Kejuaraan tersebut dijadikan ajang uji coba para atlet yang tengah disiapkan ke Porprov 2018 di Surakarta pada Oktober.

Pelatih tim karate Wawang Nurrasyid menjelaskan, medali emas direbut Lala Anggun di nomor kata perorangan putri, di nomor kata beregu putra ada Abu Yuwon, Muhammad Reinaldi, Anggit Jalasena, kemudian Akbar Borneo (kumite -84 kg), Tedi Kurniawan (kumite -75 kg), Ambarukmi (kumite +68 kg), dan Bayu Angi (kumite -67 kg).

Adapun peraih perak Tengku Fikri (kumite -60 kg), Alip (kumite + 84 kg), dan Amar Nisa Atmala (-50 kg). Dengan demikian, dari sembilan atlet yang disiapkan ke Porprov, semua berhasil masuk partai final dan menuai medali.

Kejurprov tersebut, jelas Wawang, diikuti atlet-atlet dua provinsi ini. Diantara peserta ada yang tampil atas nama daerah, namun ada pula perguruan. Kebanyakan atlet daerah, karena memanfaatkan event tersebut untuk uji coba atlet Porprov.

”Memang tidak semua, atlet Porprov kirakira 60%,” ujarnya. Setelah mengikuti kejurprov, pelatih akan mengevaluasi penampilan para karateka. Menurut dia, banyak yang harus dievaluasi, seperti beberapa atlet agar mempertajam teknik unggulan yang dimiliki.

Dari pertandingan itu mental bertanding atlet terpacu lebih baik. Selain itu, dari kejurprov persaingan kekuatan mulai terbaca. Di nomor kata beregu putra, atlet Banyumas sudah mengalahkan delapan peserta lain. Kini peta sudah lebih terbuka.

Atlet akan digembleng latihan lebih intensif. Pelatih juga merencanakan try out dua kali lagi, yakni ke Bandung (10-12 Agustus) dan ke Magelang (20-24 Agustus). Pada September program tinggal menjaga kondisi, Oktober bertarung di Porprov.

Cabang beladiri asal Jepang ini menyiapkan sembilan atlet ke Porprov, sesuai kuota yang lolos kualifikasi. Di babak pendahuluan, Banyumas tak bisa mengirim maksimal karena pembatasan usia atlet maksimal 27 tahun.(red/b)

Sumber: suaramerdeka.com

Berikan Tanggapanmu