TERCIDUK : Unit Reskrim Polsek Muara Jawa saat menangkap Rani dan Suhendri di Jalan PU Panglima, Kecamatan Muara Jawa, Sabtu (30/6) kemarin. (photo : HMS Polsek Muara Jawa)

Sub) Sempat Buang Sabu Dalam Kemasan Permen Coklat di Jalan

1News.id, Kutai Kartanegara – Unit Reskrim Polsek Muara Jawa berhasil menangkap dua pelaku narkoba, Sabtu (30/6) kemarin sekitar pukul 16.15 wita . Mereka bernama Abdul Syahrani alias Rani (20) warga Jalan Kabaena, Rt 001, Kelurahan Dondang, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Suhendri (35) warga Jalan Negara, Rt 016, Kelurahan Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“ Kedua pelaku kami tangkap di Jalan PU Panglima, Rt 010 Kelurahan Muara Kembang, Muara Jawa,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kapolsek Muara Jawa AKP Triyanto kepada harian ini, Minggu (1/7).

Terungkapnya kasus ini bermula adanya informasi dari masyarakat bahwa terdapat dua orang pria yang sedang berboncengan sedang membawa narkoba jenis sabu ke arah Muara Jawa. Mendapatkan info tersebut, Unit Reskrim Polsek Muara Jawa dipimpin Kanit Reskrim Ipda Hadi Sucipto melakukan pengintaian di sekitaran Jalan PU Panglima, Kelurahan Muara Kembang.

“ Nah, sekitar pukul 16.15 wita, anggota saya melihat dua pria yang sedang berboncengan menggunakan sepeda motor Scoopy warna merah bernopol KT 29xx OS dan tampak mencurigakan. Kemudian anggota saya langsung bergerak untuk menghadang laju kendaraan yang ditumpangi dua pria itu,” jelas Tri, biasa disapa.

Ternyata, dua pria yang diketahui bernama Rani dan Suhendri itu curiga kalau mereka telah dibuntuti oleh polisi. Sehingga, Rani yang sedang dibonceng membuang sebuah kemasan permen coklat ke jalan.

“ Untungnya anggota saya melihat dan tetap menghadang kedua pelaku sebelum kabur. Setelah diamankan, kedua pelaku itu langsung kami minta untuk mengambil barang yang dibuangnya itu,” tutur Kapolsek.

Sewaktu diambil dan dibuka, kemasan permen coklat itu berisikan 1 poket besar narkoba jenis sabu. Karuan saja, Rani dan Suhendri tak bisa berkutik dan langsung diamankan ke Mako Polsek Muara Jawa untuk dimintai keterangan.

“ Dari pengakuan mereka, barang itu baru di ambil di Samarinda dan akan di edarkan di Muara Jawa,” kata Tri, lagi.

Sabu sebanyak 1 poket besar itu, lanjut Tri, beratnya mencapai 15,35 gram bruto. Sabu itu dibeli Rani dari seorang Bandar dengan uang muka sebesar Rp 5 juta. Sementara Suhendri adalah kurir dari Rani.

“ Jadi sistemnya sekarang bisa uang muka dulu, kalau sudah laku terjual semua baru bayar lagi ke bandarnya,” bebernya.

Saat ini, tambah Kapolsek, Rani dan Suhendri sudah ditahan di sel Mako Polsek Muara Jawa. Mereka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 sub Pasal 112 ayat 2 sub Pasal 132 ayat 1 UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana kurungan maksimal 20 tahun. Selain mengamankan satu poket besar sabu, polisi juga menyita 2 buah handphone, 1 pak plastik klip, 1 buah pipet kaca dan 1 unit sepeda motor. (bay)