WAKILI KUKAR : Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf bersama Ibu Bhayangkari dan seluruh jajaran Polsek Tenggarong Seberang beserta masyarakat dan aparat desa saat berfoto bersama di Poskamling RT 05 Desa Bangun Rejo. (bayu/1News.id)

1News.id, KutaiKartanegara – Berbagai kegiatan dilaksanakan Polda Kalimantan Timur (Kaltim) untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-72 tahun ini. Bahkan kegiatan tersebut kebanyakan langsung menyentuh terhadap kepentingan masyarakat hingga tingkat bawah. Salah satunya adalah Lomba Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) yang diikuti seluruh Polres dan Polsek di jajaran Polda Kaltim.

Ternyata, Poskamling Desa Bangun Rejo, binaan Polsek Tenggarong Seberang terpilih mewakili Polres Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mengikuti lomba tingkat Polda Kaltim. Pasalnya, Poskamling yang berada di RT 05 Desa Bangun Rejo, terpilih sebagai Poskamling terbaik di Kukar tahun ini.

“ Alhamdulillah, itu berkat kerjasama antara Polri dan masyarakat serta perangkat desa setempat. Sehingga Poskamling Desa Bangun Rejo berhak mengikuti lomba di tingkat Polda kaltim,” ungkap Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, melalui Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf didampingi Wakapolsek Iptu Slamet.

Poskamling yang mewakili Polres Kukar itu, akan bersaing dengan Poskamling terbaik binaan Polresta Samarinda, Polresta Balikpapan, Polres Kubar (Kutai Barat), Polres Kutim (Kutai Timur), Polres Bontang serta Polres Berau. Bahkan, Poskamling Desa Bangun Rejo sudah dilakukan penilaian oleh tim penilai Polda Kaltim yakni Kasubdit Bin Satpan/Polsus AKBP Minto Dinoto hadir bersama anggotanya, Kompol Ari Nugraha didampingi Kasat Binmas Polres Kukar, AKP Eko Achnanto dan sejumlah petugas lainnya.

“ Dari sekilas penilaian kami, Poskamling RT 05 Desa Bangun Rejo ini memang layak berlomba ke tingkat Polda Kaltim. Karena Poskamling ini dibangun secara apik dan minimalis di atas lahan dengan legalitas jelas, jadi memang bagus,” ungkap AKBP Minto Dinoto saat menjelaskan kepada wartawan, di sela-sela kegiatan tersebut.Beberapa poin lain dinilai, mencakup kelengkapan dimiliki Poskamling seperti kentongan, tongkat keamanan sampai peralatan komunikasi. Minto juga menyebut, aktivitas masyarakat dalam mendukung kegiatan Poskamling juga berperan penting dalam penilaian. Sehingga secara sekilas, Poskamling Desa Bangun Rejo itu telah memenuhi kriteria terbaik.

“Di sini masyarakat juga aktif melaksanakan ‘jimpitan’ dalam mendukung petugas jaga di Poskamling. Dengan begitu semua berperan penuh mendukung kegiatan Poskamling sehingga Kamtibmas di lingkungan ini terpelihara secara baik. Karena semua pihak saling memberikan dukungan,” ujar Minto yang juga sudah melakukan penilaian ke Poskamling di wilayah Polresta Samarinda. (bay)