SIAP AMANKAN : Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat melakukan pengecekan personil dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Mahakam 2018 di Mako Polres Kukar, Rabu (6/6) pagi. (photo : HMS Polres Kukar)

Sub) Polres Kukar Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2018

1News.id, KutaiKartanegara – Kepolisian Resor Kutai Kartanegara (Polres Kukar), Rabu (6/6) pagi sekitar pukul 08.30 Wita menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Mahakam 2018 di Halaman Mako Polres Kukar, Tenggarong.

Dalam apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar dan dihadiri unsur Muspida Kukar, Kepala Dinas instansi terkait, Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria, serta Pejabat Utama (PJU) Polres Kukar dan undangan.

“ Operasi Ketupat Mahakam 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari, yakni mulai tanggal 7 Juni hingga 24 Juni mendatang,” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat membacakan amanat Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Operasi ini, terang Haidar, melibatkan sebanyak 173.397 personil gabungan di seluruh Indonesia, terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda serta stakeholder terkait dan masyarakat.

“ Sementara di Kukar sendiri, sebanyak 389 personil gabungan siap mengamankan arus mudik lebaran 2018,” ungkap Kapolres.

Kemudian, lanjut dia, operasi tahun 2018 ini setidaknya terdapat 4 potensi kerawanan yang harus di waspadai bersama. Yakni stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan, permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal dan hipnotis. Dan terakhir  ancaman tindak pidana aksi terorisme.

“ Untuk itu, khusus dalam mewujudkan keamanan secara umum, saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kerjasama dengan rekan rekan TNI serta stakeholder terkait lainnya,” tegas Haidar.

Sekedar diketahui, tema gelar pasukan dalam Operasi Ketupat Mahakam 2018 ini adalah  “ Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mahakam 2018, kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa Aman dan Nyaman pada Pelaksanaan Idul Fitri 1439 H “.

Sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Mahakam 2018 di wilayah hukum Polres Kutai Kartanegara, Kapolres menyematkan pita secara simbolis kepada perwakilan instansi. Dalam apel itu diikuti 1 peleton perwira Polres Kukar, 1 peleton personil Kodim 0906 Tenggarong, 1 peleton Satlantas Polres Kukar, 1 peleton Sat Sabhara, 1 peleton gabungan staf Polres Kukar, 1 peleton gabungan Sat Intel dan Reskrim, Dishub Kukar, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Senkom, dan Pramuka Saka Bhayangkara. (bay)

Komentar

komentar