BUKAN DIMINUM : Wakapolsek Loa Janan Iptu Widadi bersama Kanit Reskrim Ipda Edi Hariyanto dan petugas saat mengamankan puluhan alkohol 70 persen di Mapolsek Loa Janan, Selasa (29/5) pagi. (Bayu/1News.id)

Sub) Diperjualbelikan ke Kalangan Remaja Untuk Dijadikan Gaduk

1News.id, KutaiKartanegara – Sebanyak 87 botol alkohol 70 persen di amankan petugas Polsek Loa Janan. Puluhan alkohol yang seharusnya diperjualbelikan di apotik itu, ditemukan di 2 toko yang terletak di Desa Loa Duri Ulu dan Loa Duri Ilir, Jalan Gerbang Dayaku, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (29/5) pagi.

“ Harusnya alkohol seperti ini tidak dijual di toko-toko, tapi di apotik. Kalau pun di jual di toko, ya tidak sebanyak ini juga. Sehingga tidak dimungkinkan, alkohol ini dijual untuk di minum atau di jadikan gaduk,” terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kapolsek Loa Janan AKP M Dahlan Djauhari kepada harian ini.

Penindakan ini dimulai sejak pukul 10 pagi oleh Kanit Reskrim Polsek Loa Janan Ipda Edi Hariyanto bersama dua petugas. Berawal adanya laporan masyarakat yang merasa di resahkan sejumlah kalangan remaja yang kerap mengkonsumsi minuman keras (miras) oplosan atau dikenal gaduk.

“ Dari laporan itulah, anggota saya melakukan penindakan di dua toko yang sering memperjualbelikan alkohol 70 persen tersebut. Kemudian barang bukti berupa 71 botol kecil dan 16 botol besar beserta pemiliknya kita bawa ke Kantor Polsek Loa Janan,” terang Djauhari.

Mereka yang kedapatan menjual alkohol 70 persen itu, lanjut Kapolsek, langsung di data dan di jerat dengan Pasal Tipiring (Tindak Pidana Ringan). Sehingga mereka akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong.

“ Untuk barang buktinya akan kita musnahkan. Dan kami mengimbau kepada seluruh pedagang, baik yang warung atau toko, jangan menjual alkohol 70 persen, apalagi untuk dikonsumsikan kepada kalangan remaja. Kemudian kepada masyarakat yang mengetahui atau melihat ada menjual alkohol ini, segera laporkan ke pihak kepolisian,” tegas Djauhari. (Bay)