WAJIB DIPERIKSA : Sejumlah tamu yang ingin masuk ke Kantor Polres Kukar wajib menjalani pemeriksaan barang bawaan terlebih dahulu di bawah arahan Ipda Samsu saat bertugas di pos jaa. (Bayu/1News.id)

Sub) Sediakan Meja di Gerbang Masuk, Tamu Wajib Perlihatkan Barang Bawaan

1News.id, KutaiKartanegara – Kepolisian Resor Kutai Kartanegara (Kukar) terus meningkatkan dan memperketat penjagaan di Mapolres Kukar. Hal ini dikemukakan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Waka Polres Kompol Andre Anas saat ditemui, Kamis (17/5/2018) kemarin.
“ Iya, selama Siaga 1 ini kita telah meningkatkan dan memperketat penjagaan di gerbang masuk ke Mapolres Kukar,” tegas Andre kepada harian ini.
Hal tersebut, jelas Andre, guna mencegah terjadinya penyerangan para pelaku terorisme seperti yang terjadi di Polrestabes Surabaya dan Polda Riau.
“ Kita harus waspada, apalagi di Polda Riau saja yang kita tidak duga-duga malah terjadi hal seperti itu,” ungkapnya.
Sesuai aturan penjagaan di Mapolres Kukar, tamu yang datang wajib memperlihatkan barang bawaannya. Baik itu yang menggunakan mobil maupun sepeda motor.
“ Jadi saat masuk pintu gerbang Mapolres, tamu wajib turun dan kendaraan dan meletakkan barang bawaan di atas meja yang disediakan di depan pos penjagaan dan memperlihatkan isi yang dibawa. Apabila di mungkinkan aman, maka tamu kami persilahkan untuk masuk ke dalam,” ucap Andre.
Bahkan, agar terhindar dari kasus bom yang terjadi di Polrestabes Surabaya. Petugas yang melakukan penjagaan juga melakukan pemeriksaan dengan jarak aman dan menggunakan pengeras suara.
“ Saya perintahkan begitu, pemeriksaan tidak dilakukan secara dekat, tapi di posisi jarak aman. Kita juga menjaga keselamatan petugas piket dan juga tamu yang datang,” terang Waka Polres.
Sementara itu, sejumlah tamu yang hadir sama sekali tidak keberatan dengan pemeriksaan barang bawaan ini. Bahkan menurut mereka, pemeriksaan seperti ini sangat penting dan bagus dilakukan guna keamanan bersama.
“ Saya sudah tiga kali kesini besuk keluarga saya di tahanan, dan baru kali ini saya diminta memperlihatkan barang yang saya bawa. Menurut saya ini sangat bagus, kan untuk keamanan kita juga, kalau ternyata ada yang bawa bom gimana? Saya salut dengan kesigapan di Polres Kukar, semoga terus dilanjutkan,” ungkap Risma, salah satu tamu saat di wawancarai. (Bay)