1News.id, Cilacap – Pakar komunikasi dan motivator kondang, Aqua Dwipayana mengatakan, komunikasi merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan manusia.

“Namun, jika komunikasi disampaikan dengan tidak hati-hati akan menjadi fatal,” katanya di hadapan ratusan pengunjung Ceramah dan Motivasi sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Prajurit, Selasa (8/5), di Gedung Patra Graha Cilacap.

Pengunjung yang rata-rata dari kalangan TNI dan Polri serta pelajar dan mahasiswa, termasuk jajaran PNS di lingkungan Pemkab Cilacap itu cukup meriah.

Diinisiasi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, ceramah lebih banyak diisi dengan memotivasi para prajurit dan anggota Polri serta bagaimana berkomunikasi dengan baik.

Acara juga dihadiri Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, Palaksa Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Joko Prayitno, Iptu Suharyadi mewakili Kapolres Cilacap, dan Asisten III Sekda Cilacap Indro Cahyono mewakili Bupati Cilacap.

Selanjutnya Aqua menuturkan, bagaimana membangun komunikasi dalam lingkungan kerja dan motivasi kerja.

“Komunikasi harus dijadikan sebagai landasan dalam berkomunikasi, baik dengan atasan, sesama rekan kerja, bahkan dalam kehidupan berumah tangga,” imbuhnya.

Berbagai persoalan di dunia, katanya, seringkali bisa teratasi hanya dengan komunikasi, dan itu menjadi salah satu kunci sukses dalam setiap menghadapi persoalan.

“Apapun profesinya, kita harus memulai suatu kegiatan dengan hati dan pikiran yang bersih, komunikasi yang baik, pikiran yang positif, dan dalam mendidik anak pun perlu keteladanan dan jangan mengintervensi, biarlah anak menjadi dirinya sendiri karena masing-masing mempunyai talenta,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyinggung tentang kekompakan TNI-Polri yang selama ini telah membawa dampak yang baik terhadap keutuhan NKRI.

“Kekompakan antara TNI dan Polri menjadi kunci utama NKRI. Dampak nyata dari kekompakan tersebut adalah rasa aman dari masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya,” sambungnya.

Terkait komunikasi yang efektif, dia menekankan setiap orang yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan dan jangan sekali-kali meremehkan atau merendahkan orang lain.

Dalam mendidik anak pun diupayakan lakukan pendampingan, terutama dalam pengenalan media sosial.

Dengan memberi pengertian tentang nilai positif dan negatif dalam penggunaannya, tentunya dengan menggunakan bahasa yang baik dan bisa dimengerti si anak.

“Hidup jangan egois dan jangan memikirkan diri-sendiri, tetapi harus ada keseimbangan hidup antara pola pikir, perkataan, hati, serta tindakan,” tandas pria yang pernah mengajar di Sesko AD, AL, dan AU itu.

Kepada wartawan, Asisten III Sekda Cilacap Indro Cahyono mengatakan, ini sebuah acara yang bagus dan banyak memberikan motivasi.

“Di lingkungan ASN merupakan suatu cara bagaimana kita dikatakan sukses jika bisa membangun komunikasi yang baik,” ucapnya.

Menurut dia, ini mengubah paradigma dimana kalau dulu ASN boleh bersikap priyayi yakni dilayani sekarang harus melayani.

Sementara itu, Aqua Dwipayana menegaskan bahwa acara tersebut sukses, sebab dari awal hingga akhir semua peserta antusias yakni dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas komunikasi mereka.

Sedangkan Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi menilai acara ini memberikan nilai tambah dalam peningkatan kinerja di kalangan prajurit dan jajaran TNI.

“Sehingga komunikasi bisa meningkatkan pula silaturahmi dengan beberapa kalangan dalam memperbaiki kualitas berkomunikasi kita,” pungkasnya.

sumber : estanto