USIADINI : Polwan Satlantas Polres Kukar memberikan pengarahan kepada anak-anak di taman lalu lintas portable yang dihadirkan di Car Free Day (CFD) Tenggarong, Minggu (6/5) kemarin. (photo Satlantas Kukar)

Sub) Cara Satlantas Kukar Sosialisasikan Terbit Berlalu Lintas Sejak Usia Dini

1News.id, KutaiKartanegara – Mensosialisasikan tertib berlalu lintas harus dilakukan kepada anak usia dini. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, didampingi Kasat Lantas AKP Ramadhanil saat Car Free Day (CFD) di Tenggarong, Minggu (6/5) lalu. Menurutnya, pengenalan kepada anak usia dini merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan agar menurun.

“ Kebanyakan terjadinya kecelakaan karena tidak memahami peraturan berlalu lintas,” ucap Ramadhanil kepada wartawan, Senin (7/5).

Untuk itu, memanfaatkan moment CFD, Satlantas Polres Kukar menghadirkan taman lalu lintas portable. Itu berupa arena berlalu lintas yang sederhana dan memiliki rambu-rambu yang mudah di pahami oleh anak-anak seperti larangan berhenti, larangan parkir, serta lokasi parkir.

“ Kesadaran untuk tertib lalu lintas harus dimulai sejak diri sendiri. Karena itu, ada slogan menuju Indonesia Bersatu yakni keselamatan lalu lintas nomor satu. Sehingga melalui taman lalu lintas portable ini, kita bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang rambu-rambu lalu lintas,” terang Dhanil, biasa disapa.

Dijelaskan Kasat, bahan taman lalu lintas portable milik Satlantas Polres Kukar ini terbuat dari bahan yang tak menimbulkan resiko. Apalagi taman lalu lintas ini diperuntukkan bagi anak-anak.

“ Jadi mereka (anak-anak) bisa belajar sembari bermain, jadi apabila jatuh tak berbahaya, karena arena taman lalu lintas portable kami terbuat dari bahan yang tidak beresiko,” ungkap Dhanil, lagi.

Pembelajaran seperti ini, tambahnya, dinilai sangat penting dilakukan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran – pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Apalagi anak-anak dapat menerima pembelajaran seperti ini sembari mereka bermain.

“ Semangat anak-anak sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini, mereka sangat ceria,” tuturnya. (Bay)