Pesawat latih yang di piloti oleh Kolonel (pnb) Hanafie, SM yang jatuh di Bandara Tunggul Wulung Cilacap saat sedang lakukan latihan akrobatik.(Foto:Any WK)

1News.id, Cilacap – Sebuah pesawat jenis latih nomor PK – RTZ milik Fly School Ganesha yang dipiloti oleh MJ Hanafie, SM tadi sore mengalami kecelakaan jatuh d Bandara Tunggul Wulung, Tritih Lor, Cilacap pukul 15:10 wib (20/3). Akibatnya 1 orang di laporkan tewas yakni pilot Hanafie (49thn).

Menurut rilis yang dikirimkan ke 1news jateng, korban meninggal dunia tersebut merupakan seorang perwira TNI AU berpangkat Kolonel (Pnb) yang saat ini bertugas di Sismet Ditdok Kodiklatau dengan jabatan Paban 2 dan beralamat di Jalan Falcao No.6 Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dari keterangan para saksi yaknk Indras Rendri Irawan dan Muhammad Hasbi bahwa sekitar pukul 14.02 WIB, tiga Pesawat latih milik PK – RTZ Ganesa take off dari bandara Tunggul Wulung Cilacap dengan tujuan melaksanakan latihan akrobatik dalam rangka wisuda siswa penerbangan Ganesha yang akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 24 Maret 2018.

Namun Sekitar pukul 15.15 WIB, pada saat melaksanakan aerobatik pesawat terbang terlalu rendah yang mengakibatkan pesawat tersebut kehilangan daya angkat sehingga hilang kendali dan menabrak 7 pesawat yang sedang parkir di Apron dan hangar milik Fly school Perkasa.

Akibat kecelakaan tersebut 7 pesawat rusak berat.pada Pukul 16.00 WIB, tim Inafis dari Polres Cilacap tiba dibandara Tunggul Wulung untuk melaksanakan identifikasi awal.

Pihak Polres Cilacap langsung mengamankan lokasi kejadian dengan melakukan evakuasi korban setelah sebelumnya melakukan kordinasi dengan pihak Bandara.

Jenazah Kolonel (Pnb ) MJ. Hanafie, SM di evakuasi menuju ke RS. Pertamina Cilacap, hingga berita di turunkan masih menunggu hasil identifikasi pihak Komite Keselamatan Nasional Transportasi (KNKT).(*)