1News.id, Wangon – Kejadian bencana angin puting beliung di sertai hujan deras menghancurkan ratusan rumah terjadi di wilayah Wangon, Banyumas pada Kamis siang sekitar pukul 13:30 wib (11/1/18).

Peristiwa yang tanpa di duga tersebut berlangsung selama 30 menit.

Kerusakan parah menimpa beberapa dusun di Desa Klapagading yang menimpa 156 rumah penduduk. dari data sementara yang di himpun oleh Korlap penanganan bencana BPBD Banyumas yang di laporkan Kepala Desa Rudianto pada jumpa di aula Desa Klapagading adalah
di RW 8 ada satu titik ,dua rumah tetimpa pohon. RW 5 ada dua titik yakni rt 3, rw 6 ada dua titik rt2 dan 3 kerubuhan total., rumah perlu di evakuasi. rw 10 ada 2 titik yg rubuh total. satu rumah roboh karna robohnya bambu. rw 11 ada satu rumah. rw 7 dua titik, rw 9 1 titik. apel penanganan pagi jam 8 jumat.

Sementara menurut Rudianto rincian lainnya yakni Dusun 1 kerusakan sebanyak 32 dengan rincian rusak sedang 12 dan parah 20 rumah. Dusun 2 sebanyak 110 rumah, serta dusun 3 sebanyak 14 unit dan rata dengan tanah 1 rumah. sehingga total kerusakan mencapai 156 rusak.

Kemudian Prasetyo Budi Widodo Kepala BPBD Kabupaten Banyumas menjelaskan
tidak ada korban jiwa, paling parah citomo 15 rmh rusak berat, dan puluhan rumah rusak ringan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,

“Satu kata kunci tidak bisa di hilangkan ,yg di lakukan adalah meminimalisir akibat bencana, di awali gempa yg cukup berdampak.” Ungkapnya.

Kejadian bencana akhir akhir melanda Banyumas. sebelumnya di beritakan tanah longsor di gumelar dan karangbawang serta purwojati.

“Kami berusaha memberikan pelayanan yg terdampak, namun kondisi personil saat sdg tugas, walau belum maksimal namun berupaya sebaik mungkin.” Tambah Prasetio.

masyarakat perlu juga mengetahuj tanda adanya angin beliung, yakni diawali hawa dan cuaca panas dan dengan adanya awan hitam.”Paparnya.(*)

Komentar

komentar