1News.id, Kutai Kartanegara – Rabu (3/1/2018) sekitar pukul 16.00 Wita, mendadak di sebuah rumah di Jalan Long Apari, Rt 13, Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ramai. Usut di usut, ternyata sebanyak 4 warga di gerebek Unit Reskrim Polsek Tenggarong saat sedang pesta narkoba.

Empat warga itu berinisial AP (24) warga Jalan Long Apari, AW (23) warga Jalan Long Bangun, BK (26) dan Ju (27), warga Jalan Sangkulirang, Tenggarong. Mereka dikenakan Pasal 127 ayat 1 UURI Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika.

“ Dari tangan mereka kami menemukan pipa kaca bekas nyabu, satu buah bong, satu korek gas dan hasil tes urine positif yang mengandung zat Met Amphetamine (obat golongan yang biasanya digunakan hanya untuk mengobati gangguan hiperaktif),” kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Tenggarong AKP M.D Djauhari kepada harian ini.

Penggerebekan ini, jelas Djauhari, bermula adanya laporan dari masyarakat. Dimana dikatakan bahwa di sebuah rumah di Jalan Long Apari, sering digunakan sebagai wadah menggunakan narkoba. Untuk membuktikan kebenaran laporan itu, Unit Reskrim di pimpin Kanit Reskrim Ipda Edi melakukan penyelidikan dilapangan.

“ Rumah yang dimaksud adalah rumah milik AP. Saat kita melakukan penggerebekan, ternyata di dalam terdapat empat orang yang sedang berkumpul (AP,AW,BK dan Ju) di dalam rumah,” ucap Djauhari.

Kaget ada petugas yang datang, wajah ke empatnya langsung pucat dan berkeringat. Saat ditanya oleh petugas, mereka mengakui habis menggunakan narkoba. Hal itu kembali dibuktikan dengan ditemukannya pipa kaca dan bekas bong.

“ Para pelaku langsung kita bawa ke Polsek Tenggarong guna menjalani pemeriksaan dan dilakukan tes urine,” tutur Kapolsek.

Dari hasil tes urine, ke empatnya dinyatakan positif. Kemudian pihak Polsek Tenggarong melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kukar.

“ Kita hanya lakukan rehabilitasi kepada empat pemakai tersebut,” terang Djauhari. (bay)