Rita Terus Lestarikan Kesenian Daerah Lewat RIB

1News.id, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari secara pribadi terus berupaya melestarikan kesenian daerah. Itu terbukti Sabtu (23/9) di Lapangan Panahan Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, ajang Rock In Borneo (RIB) menampilkan grup band rock dunia, Skid Row serta band Tanah Air, Jamrud, juga diwarnai Mamanda dan Tari Jepen.


“Kami ingin anak muda Kaltim dan sekitarnya tetap mengenal dan mencintai kesenian tradisional Mamanda. Juga kesenian daerah lainnya, seperti Jepen, Tarsul, Beladon, Belian serta Tari Enggang ditampilkan pada RIB 2017. Para pemuda juga harus kreatif dan tak ketinggalan teknologi,” ucap Rita saat menyampaikan sambutannya.


Pantauan harian ini di Lapangan Panahan, tepat pukul 22.00 Wita, Skid Row mulai menghentak panggung di depan puluhan ribu penonton. Para personel Skid Row yakni Rachel Bolan (bass/vokal), Scotti Hill (gitar/vokal), Rob Hammersmith (drum), Dave Sabo (gitar/vokal) dan ZP Theart (lead vokal) tampil sempurna.

Lagu-lagu hits Skid Row seperti I Remember You dan 18 and Life membuat ribuan penonton terpukau.


Memang, sepanjang Sabtu kemarin sejak pukul 10.00 Wita, Lapangan Panahan sudah digebrak musik cadas dari sejumlah grup band lokal asal Tenggarong, Samarinda sampai Malang (Jawa Timur) dan Magelang (Yogyakarta). Juga penampilan tim kesenian tari Jepen, tari Belian dan lainnya dari Kukar, Kubar dan Kutim.

“Namun setiap masuk waktu salat, seperti zuhur, ashar, maghrib dan isya, acara dihentikan sementara. Lalu kami isi dengan salat berjamaah di lokasi kegiatan tersebut,” kata Akbar Haka selaku koordinator RIB 2017.

Selepas salat isya, acara semakin hangat. Setelah penampilan Jepen dan Mamanda, penonton langsung digebrak penampilan grup band Jamrud. Satu persatu tembang apik dibawakan Jamrud dari vokal Krisyanto bersama rekan-rekannya, Aziz Mangasi Siagian (gitar), Ricky Teddy (bass), M Irwan (gitar) serta Danny Rachman (drum).

Penonton seketika diajak bernostalgia dengan sejumlah lagu top Jamrud di era awal 2000 lalu. Terutama tembang Surti dan Tejo yang disambut nyanyian bareng para penonton.

“Terima kasih kepada Bunda Rita Widyasari telah menghadirkan kami ke Tenggarong. Ini pengalaman pertama kali manggung di bumi Kukar,” ucap vokalis Jamrud, Krisyanto.

Konser musik tersebut berlangsung aman dan terkendali sampai selesai. Pengamanan melibatkan ratusan personel Polres Kukar dibantu petugas Satpol PP, Dishub serta Kodim 0906/Tenggarong. Dengan komando pengamanan langsung dikendalikan Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen.(bay)

 

Komentar

komentar