Cilacap – Bertempat di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Cilacap pada Rabu pukul 9:00 wib di lakukan pemusnahan Narkotika dan Psikotropika (19/7/17). Acara pemusnahan barang bukti tersebut selain di hadiri oleh para staf dan Kasi juga beberapa tamu undangan yakni Kepala BNN Cilacap AKBP Drs. TRIATMO Hamardiyono, Kasat Narkobaolres Cilacap AKP Sumanto, SE, Kepala Rupbasan Winahyu Gunawan, Budi Saryono dari PN Cilacap, Tris Suratno dari Dinkes, Luky Mulyono dari DPC Granat dan sejumlah wartawan.

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Berdiaman Simalango, SH dalam sambutannya sebelum pemusnahan tersebut mengungkapkan bahwa maksud dan tujuannya adalah sebagai langkah dan upaya pencegahan serta pemberantasan terhadap peredaran Narkoba. Hal ini mengacu pada ketentuan UU No.35 tahun 2009 dan UU No.5 tahun 1997 tentang Narkotika serta peredaran psikotropika.

“Ini juga yang menjadi tugas dan wewenang Kejaksaan sebagai Lembaga yang melaksanakan eksekusi terhadap putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, sesuai ketentuan pasal 53 ayat 1huruf A, ayat 2 huruf A UU no.5 tahun 1997 tentang psikotropika , UU No.35 tahun 2009 tentang  narkotika, dan pasal 270 KUHAP  dan pasal 130 ayat 1 huruf B  UU No.16 tahun 2004 tentang Kejaksaan.”Paparnya.

“Terkait pemusnahan barang bukti narkotika tersebut juga dalam rangka rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa yang ke 57.”Tambahnya.

Sementara itu untuk penanganan perkara pada Kejaksaan Negeri Cilacap ini adalah barang bukti periode Juli 2016 hingga Juli 2017, yakni untuk barang bukti Narkotika berjumlah 23 perkara di antaranya ganja berjumlah 27, 898 Gram, sabu sabu sebanyak 37, 754 gram. Sedangkan untuk jenis psikotropika yang di musnahkan berjumlah 2790 butir.

Kajari berharap kepada seluruh yang hadir dan menyaksikan pemusnahan barang bukti ini untuk dapat selalu berperan serta dalam pengedalian dan pengawasan  sebagai upaya pencegahan dan memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba. (*)

Komentar

komentar