Amankan 40 Gram Sabu Disimpan Bawah Atap

1News.id, Kutai Kartanegara – Kepolisian Sektor Kembang Janggut berhasil menangkap satu pengedar narkoba bernama Ahmad Jiat (44) warga Desa Hambau, RT 01, Kecamatan Kembang Janggut, Kutai Kartanegara (Kukar). Dia ditangkap, Rabu (27/4) dini hari sekitar pukul 00.30 Wita.

“ Pelaku kami tangkap di rumahnya,” kata Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, melalui Kapolsek Kembang Janggut AKP Salamun kepada harian ini.

Terungkapnya kasus ini bermula adanya informasi dari masyarakat kalau di rumah Ahmad, tepatnya di Desa Hambau kerap terjadi transaksi narkoba. Mendapatkan informasi tersebut, anggota Polsek Kembang Janggut dibawah pimpinan Wakapolsek Ipda Ardiansyah melakukan penyelidikan dilapangan.

“ Sewaktu tiba dirumah pelaku yang dimaksud, Wakapolsek bersama anggota langsung melakukan penggerebekan. Saat itu ada pelaku didalam dan langsung diciduk,” ujar Salamun.

Tak ada perlawanan saat anggota menciduk Ahmad. Kemudian anggota melakukan penggeledahan di tubuh dan rumah Ahmad.

“ Ketika di kamar pelaku, anggota tidak menemukan apa-apa. Tapi waktu memeriksa bagian atap atau plafon rumahnya, anggota menemukan sebuah plastik hitam yang disembunyikan di balok dibawah atap. Saat dibuka, ternyata di dalamnya terdapat belasan bungkus narkoba jenis sabu,” ungkap Kapolsek.

Plastik yang dimaksud itu langsung dibawa turun oleh anggota untuk dilakukan pengecekan.

“ Waktu dihitung, bungkusan poket yang ditemukan sebanyak 18 buah. Kemudian saat ditimbang beratnya mencapai 40,55 gram,” urai Salamun.

Usai menemukan barang bukti, Ahmad lalu dibawa ke Mapolsek Kembang Janggut beserta barang bukti untuk menjalani pemeriksaan. Dari pengakuan sementara, Ahmad mengaku mendapat barang haram itu dari bandar di Samarinda.

“ Jadi pelaku hanya mendapat upah saja dari bandar di Samarinda. Setiap mengambil barang jumlahnya seberat 40 sampai 50 gram,” jelasnya.

Sabu yang diperoleh Ahmad itu kemudian diedarkan di Kecamatan Tabang. Hasil dari penjualan baru di setorkan kepada bandar di Samarinda.

“ Pelaku ternyata diarahkan oleh bandar untuk mengedarkan di Tabang saja, tidak di Kembang Janggut. Kemudian pelaku mengenal bandar di Samarinda itu dari kakaknya berinisial IJ, yang lebih dulu kita tangkap dalam kasus yang sama,” beber Salamun.

Saat ini, tambahnya, Ahmad sudah diamankan di Sel Mapolres Kukar di Tenggarong. Selain sabu seberat 40,55 gram, pihaknya juga mengamankan 1 buah timbangan digital, 1 buah pipet kaca, 1 buah sendok takar, 1 bal plastik klip kosong, 1 buah handphone, 1 lembar tisu dan 1 buah korek gas.

“ Pelaku kita jerat dengan Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 112 ayat 2 UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” pungkasnya. (bay)