1News.id, Banyumas – Prosesi member makan pada monyet atau yang masyarakat setempat di sebut Rewanda Bojana yang hidup di perbukitan Cikakak, Wangon, Banyumas,Jawa Tengah berlangsung Minggu (23/4/17). Kegiatan ini merupakan budaya adat Cikakak yang diadakan setiap tahun. Kemarin masyarakat dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Wangon “tumpah ruah” ikut menyaksikan dan member makan monyet monyet tersebut.

Nampak monyet di Bukit Cikakak yang sedang di beri makan.(foto:ck)

Berbagai bahan makanan hasil bumi di bentuk gunungan untuk kemudian di arak menuju Area masjid Saka Tunggal yang merupakan pusat habitat Monyet tersebut. Sesampainya di dekat majid Saka Tunggal “gunungan” di letakkan di tanah dan serta merta Monyet pun turun Bukit untuk mengambil makanan seperti Terong, singkong, sayuran, dan lain lain.

Keberadaan kera di hutan dekat masjid tersebut memang selalu menjadi daya tarik wisatawan lokal . Sehinga setiap acara Rewanda bojana pun selalu di penuhi masyarakat.

Sebelum pelepasan hasil bumi tersebut di tampilkan berbagi acara seperti kenthongan khas Banyumasan dan tari tarian serta sambutan Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein.

“keberadaan monyet ini harus di lestarikan dan di syukuri karena adanya binatang tersebut juga membawa keberkahan terutama bagi masyarakat sekitar, selain itu komunitas dan acara rewanda bojana ini sedapat mungkin berlangsung setiap tahun sehingga anak cucu kita nantinya juga mengetahui, namun populasinya pun agar supaya bisa di kendalikan, dan jadikan momen Rewanda Bojana ini sebagai sarana ibadah.” Ungkap Bupati.

Selain Bupati Achmad Husein, Turut hadir pula Kapolres Banyumas AKPB Aziz Andriansyah dan Seluruh anggota Muspika Kecamatan Wangon serta Kepala Desa Cikakak Suyitno sebagai tuan rumah Rewanda Bojana.(*)