Saat Laga Mitra Kukar Melawan Persipura

1News.id, Kutai Kartanegara – Tertangkap basah hendak mencuri sepeda motor, seorang pemuda bernama Roni Apriyanto (25) warga Jalan Gunung Triyu 2, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) harus mendekam di sel Mapolsek Tenggarong Seberang.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, melalui Kapolsek Tenggarong Seberang AKP Supriyadi menerangkan, pencurian ini terjadi di Areal Parkir Stadion Madya Aji Imbut Tenggarong Seberang, Rabu (7/11) malam sekitar pukul 19.00 Wita saat laga Mitra Kukar melawan Persipura.

“ Jadi waktu itu pelaku sedang mondar mandir di areal parkiran stadion. Nah ada anggota Opsnal Polres Kukar yang mencurigai gerak gerik pelaku,” kata Supriyadi kepada harian ini.

Ternyata Roni memang memiliki niat tak baik. Roni saat itu terlihat sedang mencoba memasukkan kunci kontak yang dibawanya ke semua sepeda motor diparkiran. Sampai akhirnya Roni berhasil menyalakan sebuah sepeda motor merek Honda Beat KT 4016 ON dan langsung berusaha keluar dari areal parkir.

“ Anggota yang membuntutinya langsung menghadang dan mengamankan pelaku beserta sepeda motornya,” ucap Supriyadi, lagi.

Usai diamankan, polisi langsung mempertanyakan sepeda motor yang dibawa Roni itu. Karuan saja Roni yang mengaku sedang mabuk langsung ketakutan. Belakangan, beber Supriyadi, ternyata diketahui sepeda motor itu milik Samsudin (24) warga Jalan Bougenville, Kelurahan Sukarame, Tenggarong.

“ Saat kejadian korban sedang menonton pertandingan sepakbola di dalam stadion dan baru tahu sepeda motornya mau dicuri usai pertandingan berakhir,” jelas Kapolsek.

Kemudian, lanjut Supriyadi, Roni diamankan ke Mapolsek Tenggarong Seberang beserta barang buktinya. Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) lagi, polisi menemukan sepeda motor milik Roni yang diparkir agak jauh dari sepeda motor yang dicurinya.

“ Pelaku ini memang niat mau mencuri. Pertama pelaku mengaku sedang mabuk dan bisa mengendarai sepeda motor dari Waduk Panji sampai ke stadion. Kedua pelaku beralasan mencari sepeda motornya tapi malah mencoba satu persatu sepeda motor yang ada diparkiran, dan ketiga sepeda motor miliknya terparkir jauh dari sepeda motor yang mau dicurinya, padahal saat itu pelaku menonton sepakbola bersama temannya,” tuturnya.

Saat ini, tambahnya, Roni sudah ditahan di Mapolsek Tenggarong Seberang. Dia dijerat dengan Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian dengan ancaman diatas lima tahun penjara.

“ Kasus ini masih kita kembangkan dilapangan, apakah pelaku ini ada jaringannya atau tidak. Apalagi mengingat belakangan ini banyak sepeda motor yang hilang dicuri,” tegas Supriyadi. (bayu)