Kelabui Petugas Dengan di Bungkus Makanan Ringan

1News.id, Kutai Kartanegara – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Muara Jawa berhasil menangkap dua pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Keduanya bernama Enceng alias Mama Amel (26) warga Rt 6, Kelurahan Dondang dan Herlina (26) warga Jalan Tahir, Rt 02, Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, melalui Kapolsek Muara Jawa AKP Triyanto menerangkan, dua pengedar tersebut berstatus ibu rumah tangga (IRT). Mereka ditangkap, Minggu (4/11) sore sekitar pukul 18.00 Wita di Jalan PU Panglima, Rt 10, Kelurahan Muara Kembang, Muara Jawa.

“ Jadi awalnya kami mendapatkan informasi dari masyarakat ada dua orang wanita sedang mengendarai sepeda motor Yamaha R15 warna hitam dari arah Kecamatan Sangasanga menuju Muara Jawa dan tampak mencurigakan. Kemudian saya minta anggota untuk melakukan penyelidikan dilapangan,” kata Tri kepada harian ini.

Setibanya di Jalan PU Panglima, lanjut Tri, anggota Polsek Muara Jawa melihat sepeda motor beserta dua wanita yang dimaksud. Selanjutnya anggota mengikuti dan menghentikan laju sepeda motor itu.

“ Sewaktu mau dihentikan, dua wanita itu tampak membuang sesuatu dari saku kirinya ke pinggir jalan. Kemudian anggota meminta keduanya untuk mengambil bungkusan yang mereka buang itu,” ucap Kapolsek.

Awalnya dua wanita itu tak mau mengambilnya dan merasa kalau itu bukan barang mereka. Tapi setelah diminta lagi, keduanya langsung mengambil bungkusan makanan ringan bermerek ‘ mie gemez ’ itu.

“ Jadi ada dua bungkus dan itu milik pelaku masing-masing. Waktu anggota meminta agar keduanya membuka bungkusan itu, ternyata di dalamnya ada narkoba jenis sabu,” ungkap Tri.

Ketika itu Enceng dan Herlina tak dapat berkutik setelah petugas mengetahui isi barang yang mereka bawa. Keduanya langsung dibawa ke Mapolsek Muara Jawa untuk di mintai keterangan. Dan dari pengakuan keduanya, barang itu baru mereka ambil dari bandar di Samarinda.

“ Dari bungkusan milik Enceng kami mengamankan 2 poket sabu berisikan 2 gram sabu dan 1 poket berisikan 1 poket sabu seberat 0,28 gram. Sementara dari bungkusan Herlina diamankan 2 poket sabu seberat 1 gram sabu,” urai Tri.

Sementara itu, tambah dia, bungkusan makanan ringan itu digunakan kedua pelaku untuk mengelabui petugas saat membawa barang haram itu.

“ Jadi keduanya mengambil di bandar yang sama. Nah untuk mengelabui anggota, keduanya menyimpan sabu itu di dalam makanan ringan. Tapi usaha keduanya berhasil diketahui anggota dan keduanya berhasil kami tangkap,” tutur Tri.

Saat ini, Enceng dan Herlina sudah diamankan di Mapolsek Muara Jawa. Keduanya dijerat dengan Pasal 114 ayat 1 Jo Pasal 112 ayat 2 Undang-undang Republik Indonesia (UURI) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara. (bayu)