1News.id, Kutai Kartanegara – Kepolisian Sektor Muara Jawa berhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor). Dua pelaku yang masih bocah itu berinisial FI (17) dan RD (16) warga Desa Sidomukti, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar). Keduanya ditangkap, Minggu (4/11) malam.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, melalui Kapolsek Muara Jawa AKP TM Panjaitan menerangkan, pencurian yang dilakukan kedua bocah itu terjadi, Sabtu (3/11) malam sekitar pukul 20.00 Wita di Desa Sidomukti, Muara Kaman. Saat itu keduanya mencuri motor milik Salim (40) jenis Yamaha Jupiter Z KT 6738 UI warna hijau.

“ Sebelum hilang dicuri, motor itu sedang diparkir oleh korban dihalaman rumahnya usai pulang dari pasar malam. Kemudian esok paginya (4/11) istri korban mengecek keluar rumah dan melihat motor itu sudah hilang,” kata Panjaitan kepada harian ini.

Salim yang merasa dirugikan langsung melapor ke Polsek Muara Kaman. Kemudian, lanjut Panjaitan, anggota Reskrim dikerahkan untuk melakukan penyelidikan dilapangan.

“ Ternyata ada warga yang melihat motor korban dibawa dua bocah itu. Kemudian anggota mendatangi rumah dua bocah itu dan membawanya ke Mapolsek untuk diperiksa,” jelas Panjaitan.

Ketika di Polsek Muara Kaman, dua bocah itu langsung mengaku telah mencurinya. Mereka telah menjualnya kepada seseorang di Muara Kaman dengan harga Rp 1,8 juta. Kemudian, tambah Panjaitan, motor milik Salim dan membawanya ke Polsek.

“ Ternyata motor milik korban itu tanpa kunci kontak juga bisa di hidupkan. Sehingga dengan mudah kedua pelaku mencurinya dan langsung menjualnya,” beber Kapolsek.

Saat ini, tambah Panjaitan, dua bocah itu sudah ditahan. Namun karena keduanya masih dibawah umur, pihak kepolisian melakukan diversi atau merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana. (bayu)