SDN 002 Tenggarong Miliki Gedung Layaknya Hotel

1News.id, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Kamis (4/8) siang berkunjung ke SDN 002 Tenggarong, tempat dulu dia bersekolah. Dalam kunjungannya tersebut, Rita bukan hanya untuk bernostalgia semasa mengenakan seragam merah putih, tetapi ingin melihat langsung gedung baru yang dibangun oleh PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ) melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

” Alhamdulillah saya bangga sekali. Ini sekolah saya dan enam tahun saya bersekolah disini (SDN 002 Tenggarong). Kalau melihat dari depan memang tidak terlihat perubahannya, tapi saat melihat ke dalam, banyak sekali perubahan yang terjadi. Contoh kantin di sekolah ini, dulunya ruang terbuka atau tempat bermain kami. Kemudian dulu kotor sekali, sekarang sangat bersih,” ungkap Rita kepada wartawan.

Rita sama sekali tidak menyangka. Bangunan mewah bertingkat dan memiliki enam ruang kelas ini sangat luar biasa dan bertaraf internasional. Apalagi saat memasuki ruang kelas, fasilitasnya sangat lengkap, melebihi ruang kelas di kampus. Bahkan saat Rita melihat langsung kamar mandinya, sudah sekelas di hotel.

” Setiap kelasnya lengkap, seperti ada Infocus Projector dan peralatan lainnya. Kemudian kursi yang digunakan sudah sangat di atas standar. Dulu sekolah ini adalah sekolah teladan dan sekarang diganti menjadi SDN 002. Banyak sekali yang lulus disini, mulai dari bapak saya (Alm H Syaukani HR), kakak saya (Selvi Agustina), saya sendiri dan adik saya (Alm Iink),” urai Rita.

Dari Sekolah Teladan Sampai Bertaraf International 2

Dulu, lanjut Rita, sewaktunya dirinya masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kukar, dirinya sempat mengunjungi sekolah tempatnya mengemban pendidikan. Saat itu dirinya bercita-cita akan membuat sekolah ini lebih baik lagi.

” Keinginan saya itu akhirnya terwujud saat saya menjadi Bupati. Saya berbicara dengan PT MSJ, apakah bisa membantu melalui dana CSR untuk membangunkan sekolah yang bagus dan mereka menyanggupinya. Jadi pembangunan ini tidak menggunakan uang daerah, bangunan ini benar-benar bantuan dari PT MSJ,” terangnya.

Dengan berkontribusi dalam membantu dunia pendidikan di Kukar, Rita mengungkapkan PT MSJ akan selalu dikenang oleh seluruh guru sampai murid yang sekarang dan nanti yang bersekolah disini. Rita berharap PT MSJ bisa terus memberikan bantuan lagi untuk yang lain.

” PT MSJ ini merupakan salah satu perusahaan yang konsisten. Meski mereka sudah mengambil sumber daya alam (SDA) kita, tetapi mereka sangat menjaga lingkungan. Buktinya sekarang PT MSJ telah banyak membantu pemerintah, sehingga dana yang ada di pemerintah bisa dipergunakan untuk pembiayaan lainnya,” tutur Rita.

Bantuan yang diberikan PT MSJ ini merupakan pelopor dan bisa menjadi contoh perusahaan lainnya yang ada di Kukar. Rita juga berencana akan melakukan koordinasi dengan seluruh perusahaan, sehingga akan banyak sekolah di Kukar yang akan dibangun dan megah seperti di SDN 002.

” Mudah-mudahan program ke depan satu perusahaan satu sekolah. Tapi sekarang ini memang pertambangan sedang merosot dan itu menjadi masalah. Sehingga perusahaan juga tidak perlu memberikan bantuan seperti ini, tetapi minimal ada bantuannya,” terangnnya, lagi.

Rita juga menginginkan, ke depan semua sekolah di Kukar bisa sama. Bahkan Rita ingin di setiap kecamatan memiliki sekolah seperti SDN 002. Namun, cetusnya, meski fasilitas sekolah sudah bagus, Sumber Daya Manusia (SDM) atau gurunya juga harus berkualitas.

” Tinggal guru-gurunya aja lagi. Jangan sampai sekolah sudah berstandar luar biasa, tapi guru-gurunya tidak meningkatkan kompetensinya. Untuk itu saya akan meminta Dinas Pendidikan (Disdik) untuk melakukan seleksi kompetensi guru. Saya selalu bilang kepada Pak Wiyono (Kepala Disdik Kukar) harus ada salah satu SD, SMP, dan SMA yang terbaik. Apabila ada yang ingin melihat sekolah terbaik di Kukar, tinggal kita perlihatkan saja,” kata Rita.

Sementara itu, rencana peresmian gedung baru di SDN 002 Tenggarong akan dilaksanakan minggu depan. Saat Bupati melakukan kunjungan juga dihadiri oleh Ketua FKS Abrianto Amin, Kepala SDN 002 Tenggarong Juniati, Community Relation and Community Development (CRCD) Manager Eko Cahyo P, Kepala Disdik Kukar Wiyono, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kukar Basri. (bayu)