1News.id, Balikpapan – Sepanjang bulan puasa hingga libur lebaran tahun ini, tingakat kecelakaan lalu lintas di wilayah Polres Balikpapan mengalami penurunan sebesar 90 persen dibanding tahun 2015 lalu.

Jelang bulan ramadan hingga libur lebaran, tingkat kecelakaan lalu lintas di kota balikpapan hampir setiap tahun kerap mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Namun tercatat sejak memasuki bulan Ramahdan hingga libur lebaran tahun ini, tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Balikpapan mulai mengalami penurunan hingga mencapai 90 persen dibanding tahun 2015.

Berdasarkan data yang dihimpun Unit Satlantas polres Balikpapan, jumlah kasus lakalantas pada libur lebaran tahun 2014 lalu mencapai 19 kasus, tiga diantaranya megalami luka parah, sedangakan tahun 2015 naik menjadi 23 kasus satu diantaranya meninggal dunia.

Namun data lakalantas pada libur lebaran tahun 2016 ini, tercatat hanya 1 kasus dari kendaraan dua dan menyebabkan korban luka ringan.

“Sepanjang libur lebaran tahun ini pengawasan dan pemantauan arus lalu lintas lebih diperketat. Selain itu, sampai saat ini belum ada laporan yang menonjol dari enam posko pengawasan yang kami sedikan. Itu artinya masih terpantau relatif aman dan lancar meski sedikit terjadi kepdatan arus lalu lintas namun dengan cepat dapat segera teratasi,” papar Kapolres Balikpapan.

Meski demikian, tingkat kriminalitas dan curanmor sepanjang bulan Ramadan hingga libur lebaran tahun ini, masih saja marak terjadi di wilayah Kota Balikpapan, dan pelakukan paling mendominasi dari wialyah Balikpapan Barat dan Balikpapan Selatan.

“Saya juga mengimbau masyarakat khusnya para pengendara agar selalu berhati-hati di jalan serta selalu melengkapi perlengkapan keselamatan diri dan mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan,” tutup kapolres.

Reporter: Ahmad Zein