1News.id, Samarinda – Jajaran kepolisian dari Polsekta Palaran berhasil mengamankan pelaku pencurian motor, terdapat dua pelaku yang berhasil diamankan dengan barang bukti motor sebanyak 17 unit kendaraan.

Penangkapan tersebut dilakukan pihaknya pada tanggal 1 juni lalu, di salah satu kos-kosan yang terletak di jalan Padat Karya, Palaran, pelaku yang berhasil diamankan yakni Hendra Lesmana (18) dan Jamaluddin (26), sedangkan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran pihaknya, termasuk dengan satu penadah.

“Satu pelaku ada di Polsek kami (Palaran,red) sedangkan pelaku lainnya ditahan di Polsek Samarinda Seberang, karena terdapat beberapa laporan pencurian yang terdapat di Seberang,” ungkap Kapolsek Palaran, Kompol Yosafat Solata, Senin (6/6) sore tadi.

“Saat ini kami masih dalami lagi, karena kami mengejar pelaku lainnya, termasuk dengan motor-motor lainnya,” tambahnya.

Dari pemeriksaan yang ada, Lesmana mengaku telah melakukan aksi curanmor sejak bulan maret tahun ini, dengan target kendaraan yang berada di parkiran umum, selama beraksi kompolitan tersebut beraksi di sekitar kawasan Palaran, Samarinda Seberang dan Samarinda Kota.

Komplotan ini pun tidak hanya menggunakan kunci T saja saat beraksi, namun komplotan ini juga mencabut kabel kunci kontak motor. Motor-motor tersebut pun hanya dijual seharga Rp 1 juta – Rp 1,5 juta, dan uang hasil penjualan itu digunakannya untuk membeli narkoba jenis sabu-sabu.

“Biasanya kami berlima sampai berenam beraksi, uangnya kami pakai untuk beli sabu-sabu saja, bukan untuk keluarga,” ungkap Lesmana.

Pelaku pun dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan hukuman penjara maksimal 7 tahun kurungan.

Reporter: Muhammad Zulkifli/ Editor: Esa Fatmawati