1News.id, Balikpapan – Antisipasi lonjakan penumpang dimusim mudik lebaran 2016 ini PT Pelni (Persero) Cabang Balikpapan persiapkan tambahan keberangkatan via laut menggunakan empat kapal. Akan tetapi, penambahan armada ini hanya akan diterapkan pada rute terpadat Balikpapan-Surabaya, dan hanya tersedia pada H-14 dan H+14 Hari Raya Idul Fitri.

Keempat armada laut tersebut antara lain  KM Ngapulu, yang merupakan armada tambahan, serta Kapal lain yang merupakan armada reguler yaitu KM Labobar, KM Lambelu, dan KM Bukit Siguntang. Lonjakan penumpang diperkirakan meningkat 4 hingga 5 persen selama musim mudik.

Mempelajari data pemudik tahun lalu, pihak Pelni memastikan pasti akan ada penambahan jumlah keberangkatan. Dalam hal ini jumlah tiket yang disediakan memang hanya sesuai kapasitas yang telah ditetapkan, ini dilakukan demi menjamin kenyamanan dan keamanan perjalanan penumpang.

“Pada mudik tahun lalu, penumpang kapal mencapai 35.120 orang, dimana 19.496orang penumpang berangkat ke Surabaya. Sementara penumpang yang berangkat menuju Pare-pare, Makassar, dan Pantoloan mencapai sekitar 3.000 orang, dan sisanya berangkat ke Tarakan dan Maumere,” papar Kepala Cabang PT Pelni Cabang Balikpapan, Firman Rachimin.

Dari data tersebut, pihak Pelni memprediksi peningkatan jumlah penumpang, nanti bisa mencapai sekitar 37 ribu orang.

“Penjualan tiket sudah dibuka mulai Mei, apabila tiket keberangkatan pada hari tertentu habis, penumpang akan ditawarkan untuk berangkat di hari lain, kata dia.

Hingga saat ini, tiket rute Balikpapan-Tarakan telah terjual 40 persen, rute Balikpapan-Surabaya terjual 60 persen, Balikpapan-Makassar terjual sekitar 90 persen. Karena itu, pemudik diimbau untuk segera membeli tiket karena kuota yang tersedia masing-masing telah mencapai 50 persen hingga lebih.

“Pada tahun ini, memang kita melakukan penambahan jumlah keberangkatan kapal dari Balikpapan, yang pada tahun lalu 30 keberangkatan, sekarang menjadi 36 keberangkatan. Enam dari keberangkatan tersebut adalah rute PP (Pulang-Pergi, Red.) Balikpapan-Surabaya,” pungkasnya.