1News.id, Kutai Kartanegara – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengucurkan bantuan sebesar Rp13 milyar terhadap empat sekolah di Kukar. Bantuan tersebut untuk kegiatan fisik, yakni membangun bangunan unit sekolah yang baru.

“Ada bantuan unit sekolah baru lengkap dengan mebeler dari kementerian sebesar 13 milyar,” kata Kepla Dinas Pendidikan Wiyono, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen), Tulus Sutopo.

Dilanjutkannya, pengelolaan dana bantuan tersebut dilakukan dengan cara swakelola, artinya pekerjaannya tersebut direncanakan, dikerjakan hingga pengawasan oleh penanggung jawab anggaran itu sendiri.

“Pengelolaannya swakelola sekolah, artinya uangnya langsung masuk ke rekening sekolah itu sendiri,” ujar Tulus sambil mengatakan keempat sekolah itu seperti SMPN 4 Muara Jawa, SMPN 4 Muara Kaman, SMPN 7 Samboja dan SMAN 2 Muara Kaman.

Khusus untuk ketiga SMP diatas, tinggal dibangunkan saja lagi bangunannya karena surat izin pendirian bangunanan sudah disiapkan. Selama ini ketiga SMP tersebut masih menumpang dengan bangunan SD terdekat, sehingga mendapatkan bantuan untuk membangun bangunan sendiri.

Oleh sebab itu, warga sekitar sekolah pun membantu dengan menghibahkan sebidang lahan terhadap Pemkab, untuk membangun bangunan sekolah yang baru. “Tingal dibangun saja lagi, infonya uangnya sudah masuk ke rekening sekolah (SMP), yang SMA belum masuk lagi,” ungkap Tulus.

Ketika ditanyakan pengawasan terhadap penggunaan dana bantuan tersebut, pihak Disdik Kukar akan melakukan pengawasan secara makro, sementara pihak Kemendikdub RI sendiri secara mikro melalui tim independen. “Pelaksanaanya dibantu oleh konsultan yang ditunjuk Kemendikbud langsung,” pungkas Tulus.

Reporter: Lutfi/ Editor: Sacha Muhammad Hakim