1News.id, Kutai Kartanegara – Guna meningkatkan SDM yang berkualitas di Kukar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar membangun sejumlah fasilitas penunjang terhadap guru khususnya di daerah pedalaman, yakni rumah dinas dan mes.

Ada sebanyak 81 unit rumah dan 34 mes guru untuk semua tingkatan sekolah dibangkunkan Pemkab Kukar, dari SD, SLTP dan SLTA. Hal tersebut menunjukan komitmen Pemkab untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kukar melalui program Gerbang Raja Jilid II.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar, Wiyono membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasikan 1News.id belum lama ini. Menurutnya fasilitas dari Pemkab tersebut untuk memudahkan guru-guru dalam menjalankan proses belajar dan mengajar.

“Guru-guru yang bertugas di daerah pelosok disediakan rumah dinas dan mess agar memudahkan mereka untuk pergi mengajar,” katanya.

Dilanjutkannya, pembangunan fasilitas tersebut telah terlaksana dilakukan tahun 2015 lalu, yang anggarannya diambil dari APBD Kukar TA 2015 sebesar Rp16 milyar.

“Kegiatan ini sudah terealisasi 100 persen dan sudah dimamfaatkan para guru untuk bertugas,” ujar Wiyono.

Khusus untuk rumah, statusnya tetap milik Pemkab Kukar, bukan menjadi hak milik melainkan hanya dengan pinjam pakai, dimana diprioritskan bagi guru yang belum memiliki rumah. Lokasinya pun dalam sekitar lingkungan sekolah, agar mudah dijangkau.

“Proses pembangunannya melalui proses seleksi yang cukup ketat, yang penting lahan yang untuk dibangun itu suratnya harus lengkap. Selain itu dilihat rasio antara jumlah guru dan siswanya,” pungkas Wiyono.

Reporter: Lutfi/ Edito: Sacha Muhammad Hakim