1News.id, BALIKPAPAN – Enam ABK TB Charles yang selamat dari aksi pembajakan di perairan Jolo Tawi Tawi, Filipina, masih menjalani pemeriksaan secara intensif di Mako Lanal Balikpapan. Pemeriksaan ini juga berkembang terkait dugaan penipuan terhadap insiden pembajakan ini sendiri.

Tim TNI AL yang terdiri dari intel Lanal, dibantu Lantmal 13 Tarakan dan Guskamla Pangarmatim terus melakukan pemeriksaan yang intensif terhadap 6 ABK yang selamat dari dugaan aksi pembajakan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaff tersebut.

Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Letnan Kolonel Laut Pelaut, Luhut Siagian mengatakan, pemeriksaan para ABK TB Charles merupakan perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, mengenai berlangsung sampai kapann pemeriksaan para ABK tersebut, hingga Minggu (26/6) belum bisa dipastikan.

“Kan semuanya memang tergantung dari perkembangan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim yang telah dibentuk,” kata dia.

Menurutnya, pemeriksaan ini juga dilakukan seputar dugaan aski pembajakan ini merupakan aksi dari modus sindikat penipuan yang teroganisir seperti yang berkembang saat ini.

“Pemeriksaan 6 abk ini membutuhkan waktu, jadi selesainya tergantung dari kebutuhan tim dalam mengambil keterangan. Memang informasi yang berkembang mengarah pada dugaan pembajakan, namun pemeriksaan juga mengarah pada dugaan aksi kejahatan lainnya,” ungkapnya.

Luhut juga menambahkan, selama pemeriksaan dan proses pengambilan keterangan masih berlangsung maka keenam ABK tersebut masih belim boleh pulang.

“Tapi pihak keluarga mereka boleh menemui dengan langsung datang ke Lanal,” pungkas dia.

Reporter: Iman