Gagal Merampok, Ternyata Jambret di Jalur 2 Tenggarong Seberang

1News.id, Kutai Kartanegara – Aksi jambret yang selama ini meresahkan masyarakat akhirnya terungkap. Polisi berhasil menangkap pelaku bernama Feri Purwanto (22) warga Jalan Long Apari, RT 16, Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Menariknya lagi, Feri ternyata seorang Atlet gulat di Kukar.

Penangkapan terhadap Feri ini berawal adanya upaya perampokan di sebuah toko yang terletak di KM 0 Mahulu, Tenggarong, Selasa (7/6) malam. Feri yang datang menggunakan topeng berpura-pura belanja. Setibanya di dalam toko, Feri langsung menghajar kepala pemilik toko menggunakan palu sebanyak 3 kali.

Ketika ingin menjarah toko tersebut, jamaah yang sedang menjalankan Sholat Tarawih di Masjid depan toko keburu selesai. Takut ketahuan, Feri gagal merampok dan langsung pergi meninggalkan pemilik toko yang bersimbah darah akibat kepalanya yang bocor.

Pemilik toko tersebut langsung meminta tolong kepada warga sekitar, kemudian Unit Opsnal Polres Kukar dipimpin Kanit Opsnal Ipda Aksar tiba dilokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan. Dari hasil keterangan pemilik toko, pelaku memiliki badan yang besar dan menggunakan sepeda motor besar warna hitam.

Tanpa menunggu lama, polisi langsung menyisiri sejumlah rumah di sekitaran Mahulu. Sampai akhirnya Rabu (8/6) dini hari pukul 02.30 Wita polisi berpakaian preman tersebut berhasil menciduk Feri dirumahnya yang jaraknya hanya 2 Kilometer dari toko yang mau dirampoknya.

“Anggota tanya sejumlah warga ada nggak tetangga yang badannya besar dan menggunakan sepeda motor warna hitam. Warga langsung mengarah kepada pelaku (Feri,Red) dan anggota langsung mendatangi rumahnya,” kata Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, melalui Kasat Reskrim AKP Yuliansyah kepada harian ini, Rabu pagi.

Tiba dirumah Feri, polisi langsung menangkapnya dan melakukan introgasi. Feri yang sudah ketakutan langsung mengakui perbuatannya atas pemilik toko itu. Bahkan Feri juga mengungkapkan kalau dirinya juga yang selama ini melakukan penjambretan di jalur dua Tenggarong Seberang.

“Ternyata pelaku ini pelaku jambret yang meresahkan masyarakat selama ini. Pelaku mengaku dalam seminggu menjambret sebanyak 2 kali. Untuk tas yang dijambret dibuang di pinggir jalan di Tenggarong Seberang, sementara isinya diambil dulu,” tutur Yuliansyah.

Untuk jumlah penjambretan yang dilakukannya, Feri tak dapat menghitungnya lagi. Saat ini Feri sudah diamankan di Polres Kukar dan masih menjalani pemeriksaan di Unit Pidum.

“Untuk barang bukti, kami mengamankan dua unit sepeda motor Honda Beat warna hitam putih KT 2032 OK dan Yamaha R2 MT 25 KT 5213 UY yang digunakan pelaku dalam beraksi. Selain itu kami juga mengamankan palu yang digunakan pelaku untuk merampok,” terang Kasat.

IMG_4910(1)

 

Reporter: Bayu/ Editor: Esa Fatmawati