1News.id, Tekno – Setelah lama tidak terdengar meluncurkan smartphone di Indonesia, pada Jumat (4/12) Microsoft mengenalkan Lumia 950 di Jakarta. Smartphoneberbasis OS Windows 10 ini digadang-gadang sebagai seri flagship mereka. Seperti produk Windows Phone lainnya, smartphone terbaru ini mengunggulkan fitur produktivitas untuk bekerja.

Selvia Govar, Senior Produk Marketing Manager Microsoft Mobile Devices Indonesia pada saat peluncuran mengatakan bahwa Lumia 950 menyasar konsumen seperti profesional dengan mobilitas tinggi yang menginginkan smartphone premium dengan kemampuan seperti PC.

MICROSOFT LUMIA 950
OS Windows 10
Dimensi 145 x 73.2 x 8.2 mm (150 gram)
Layar 5,2 inci
Prosesor Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 64-bit dengan rincian Dual-core 1.82 GHz Cortex-A57 & quad-core 1.44 GHz Cortex-A53
Kapasitas memori internal 32 GB
RAM 3 GB
Kamera depan 5 MP
Kamera belakang 20 MP
Kapasitas baterai 3.000 mAh
Harga Rp9 juta

Smartphone ini mengusung layar 5,2 inci Quad HD display. Bodinya memiliki ketebalan 8,25mm dengan lapisan polikarbonat yang ringan. Dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal 32GB dan bisa diperluas hingga 200GB melalui memory eksternal menggunakan cloud. Selanjutnya kamera belakang memiliki kemampuan 20 MP dan kamera depan 5 MP.

Untuk prosesor, kali ini Microsoft menggandeng Qualcomm dengan chipSnapdragon 808 MSM8992 hexa-core yang dipecah menjadi dual-core 1.82 GHz Cortex-A57 dan quad-core 1.44 GHz Cortex-A53. Selvia mengklaim dengan prosesor ini dapat membuat kinerja Windows 10 lebih cepat dibandingkan seri pendahulunya.

Di Indonesia, Lumia 950 yang tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih dibanderol dengan harga Rp9 juta. Microsoft juga menyediakan paket penjualan seharga Rp12.323.000 yang terdiri dari smartphone, Display Dock, Universal Foldable Keyboard, Office 365 dan mouse. Sedangkan untuk pembelian Display Dock saja dilepas dengan harga Rp1,3 juta.

Selvia menambahkan bahwa produk ini akan tersedia pada 18 Desember 2015 mendatang pada beberapa e-commerce, seperti CipikaStoreDinoMarketBhinneka, dan lainnya.

Sebagai perangkat yang mengusung keutamaan produktivitas, Microsoft menyelipkan fitur Continuum yang menghubungkan perangkat dengan Display Dock, PC, atau Universal Foldable Keyboard. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan smartphone mereka seperti komputer yang terhubung layar lebih besar.

Meski terhubung dengan PC, pengguna akan tetap dapat melakukan panggilan atau melakukan fungsi lainnya di smartphone agar kinerja tetap maksimal. Fungsi ini juga dapat dihubungkan dengan fitur Miracast yang berbasis WiFi untuk menampilkan layar smartphone pada smart TV .

Sayangnya, pihak Microsoft enggan memberi angka pengguna dari Windows 10 yang mulai aktif diperkenalkan pertengahan tahun ini.


Fitur produktivitas yang ditawarkan Lumia 950 ini sebelumnya telah ditawarkan oleh rangkaian produk Apple. Sedangkan pesaing lainnya dari platform Android, fungsi produktivitas masih membutuhkan aplikasi tambahan lainnya agar bisa memaksimalkan kerja. Apakah kamu tertarik meminangnya? (Pradipta Nugrahanto / ID Techinasia)

Sumber: TechinAsia Indonesia

Foto: Spesial