Gelar Pasukan dan Peralatan

1News.id, Samarinda – Pasukan Detasemen Pelopor B Brimob Polda Kaltim melakukan apel gelar pasukan dan peralatan, Selasa (1/11/2015) pagi kemarin. Sebanyak tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Brimob disiagakan oleh Kepala Detasemen (Kaden) AKBP M Fachry. “Pagi ini kita melaksanakan apel gelar pasukan dan perlengkapan dengan jumlah kekuatan tiga SSK, untuk mem-backup sejumlah wilayah di Kaltim dan khusus untuk satu SSK kita berangkatkan ke-Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng),” beber Fachry.

Dijelaskan Fachry, personel yang telah disiagakan akan berangkat melaksanakan tugasnya mulai 5 atau 6 Desember mendatang. “Satu SSK kita berangkatkan ke Poso dalam rangka membantu Polda Sulteng mensukseskan Operasi Camar Maleo, guna menumpas sindikat teroris dan juga sekaligus membantu pengamanan Pilkada di sana,” terang Fachry setelah kegiatan gelar pasukan kepada wartawan.

Sementara peralatan yang digunakan Brimob untuk mengamankan Pilkada di sejumlah wilayah Kaltim meliputi peralatan Penanggulangan Huru Hara (PHH), persenjataan Resmob, peralatan Penjinakan Bom (Jibom), serta peralatan Pelawanan Teror (Wanteror) dan Kemampuan Lapangan Brigade Mobile (KLBM) .
“Pada peralatan PHH ini kita tidak menggunakan senjata mematikan seperti senjata api maupun senjata tajam,” imbuhnya. Selain personel dan peralatannya, Fachry juga menyebut kendaraan yang akan diturunkan selama rangkaian Pilkada seperti Water Canon, truk Dalmas, mobil Jibom, serta mobil Gegana untuk menjaga kondusifitas dan keamanan pada 9 Desember mendatang. (tws)