1News.id, Kutai Kartanegara – Seorang pelajar SMA di Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar) ditangkap Aparat Polsek Loa Janan. Pelajar tersebut berinisial Ar alias Ucok (17) warga Desa Loa Duri Ilir, Loa Janan. Dia ditangkap Minggu (16/11/2015) lalu di rumahnya. “ Kasus ini tetap di proses, saat ini pelaku sudah kami tahan,” kata Kapolres Kukar AKBP Handoko, melalui Kapolsek Loa Janan AKP Damus Asa kepada harian ini, Jumat (20/11/2015) pagi.

Pencurian ini dilakukan Ucok di Toko Bangunan milik H Arpan (60) di Jalan Gerbang Dayaku, Desa Loa Duri Ilir, Loa Janan. Pencurian ini bukan hanya satu kali saja terjadi, tetapi sudah berulang kali. Untuk itulah Arpan selaku pemilik toko memasang CCTV untuk mencari tahu siapa pelakunya. “ Sudah tiga kali, pertama 6 September 2015, 12 September, dan 13 September,” urai Kapolsek.

Sehingga, Minggu lalu tepat sekitar pukul 01.00 Wita, Arpan beserta istrinya berjaga malam dan memantau dari CCTV. Ternyata firasat Arpan benar, sekitar pukul 01.32 Wita pelaku yang ditunggu datang dan membuat Arpan kaget. Pasalnya, pelaku yang di tunggu adalah Ucok, anak tetangganya sendiri.

Mengetahui Ucok sudah di dalam toko, Arpan berusaha menangkapnya, tapi gagal. Esok paginya, Arpan melaporkan kasus pencurian di tokonya ke Polsek Loa Janan. Kemudian bersama polisi, Arpan mendatangi rumah Ucok. “ Waktu ditangkap, kami membawanya dulu kepada Ketua RT tempat pelaku tinggal. Setelah itu baru dibawa ke kantor,” jelas Damus.

Selama mencuri di toko Arpan, Ucok sudah berhasil membawa uang Rp 5,9 juta. Uang itu di ambil Ucok di dalam laci toko serta dompet Arpan sewaktu di Mushola rumah. “ Dari rekaman CCTV, korban masuk ke dalam toko dengan cara melalui loteng lantai tiga rumah yang tidak ada pintunya. Kemudian pelaku menaiki tumpukan drum di belakang rumah, barulah masuk ke dalam rumah dan mencuri uang korban,” tutur Damus.

Kepada polisi, Ucok mengaku menggunakan uang hasil curian itu untuk belanja hari-hari. Pemuda yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA ini mengaku khilaf dengan apa yang dilakukannya. (bay)

Berikan Tanggapanmu