Alasan Beli Elektronik, Mengaku Punya Keluarga di Muara Jawa

1News.id, Kutai Kartanegara – Alfian (32) warga Jalan Gunung Polisi, Balikpapan ditangkap Aparat Polsek Muara Jawa. Dia ditangkap karena melakukan penipuan di sebuah Toko Elektronik Rejeki Moro di Jalan A Yani, Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (13/10/2015) lalu.

Kapolres Kukar AKBP Handoko, melalui Kapolsek Muara Jawa AKP Justian menerangkan, penipuan yang dilakukan Alfian terbilang berani. Pasalnya Alfian secara langsung datang ke toko tersebut dan berpura-pura membeli barang.

“ Jadi waktu itu (Selasa,Red) pelaku datang sekitar pukul 11 siang. Dia langsung berpura-pura menawar dan membeli sejumlah barang seperti televisi dan AC. Setelah terjadi kesepakatan, salah seorang karyawan toko membuatkan nota, kemudian pelaku mengatakan kalau barang tersebut akan dibayar oleh kakaknya bernama Ayu yang tinggal di Handil 5,” jelas Justian kepada harian ini, Senin (20/10/2015) pagi.

rampok

Setelah semua barang dinaikkan ke dalam mobil Innova warna biru, Novita (37) salah satu karyawan tak percaya dan ikut menumpang di mobil Alfian untuk menuju rumah Ayu tersebut. Kemudian Wardi (31) karyawan lainnya mengikuti dari belakang menggunakan sepeda motor. Setibanya di Handil 5, Alfian menghentikan mobilnya dan menunjuk salah satu rumah yang katanya milik Ayu.

Tak percaya dengan perkataan Alfian, Novita mengecek ke rumah tersebut dan tidak ada yang namanya Ayu. Merasa tertipu, Novita bergegas menghubungi Wardi yang bertukar kendaraan dan menumpang di mobil Alfian menuju arah Balikpapan.

Mendapat kabar soal rumah palsu tersebut, sempat terjadi bersitegang antara Wardi dan Alfian di dalam mobil. Alfian bergegas memutarbalikkan mobilnya di Handil 2, setibanya di Handil 3 Alfian berhenti di depan toko fotocopy dan memberi uang Rp 5 ribu kepada Wardi untuk membeli amplop. Saat Wardi turun, Alfian langsung tancap gas melarikan diri ke arah Samarinda.

Novita dan Wardi langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Muara Jawa, kemudian anggota Polsek langsung melakukan pengejaran. “ Karena pelaku lari ke arah Sangasanga, kami langsung berkoordinasi dengan anggota di Polsek Sangasanga. Namun saat melihat ada mobil patroli Polsek Sangasanga, pelaku memutarbalikkan mobilnya ke arah Handil 2 lagi. Mengetahui pelaku kembali ke arah Muara Jawa, kami bersama warga setempat langsung memblokade jalan agar pelaku tak berhasil kabur,” tutur Justian.

rampok 2

Ternyata, melihat ada blokade jalan, Alfian tetap nekat membalikarahkan mobilnya ke arah Sangasanga lagi, tapi usaha tersebut berhasil digagalkan setelah anggota Polsek Muara Jawa melepaskan tembakan sebanyak 3 kali ke arah mobil, hingga akhirnya mobil yang dikemudikan Alfian masuk ke jurang.

“ Pelaku sudah ditetapkan tersangka dan mendekam dalam penjara. Dia kami jerat dengan Pasal 378 KUHP Tentang Penipuan dengan ancaman diatas lima tahun penjara. Untuk barang bukti kami mengamankan 1 unit mobil Innova KT 1241 WC yang dipinjam dari temannya, 1 unit AC dan 1 televisi LED 32 inc,” pungkasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu