Mengaku Sudah Tiga Kali, Polisi Baru Terima Satu Laporan

1News.id, SAMARINDA – Sayudin (31) warga Jalan DI Panjaitan, Gang 2, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda berhasil ditangkap Unit Jatanras Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Samarinda. Sayuddin ditangkap lantaran melakukan pencurian sepeda motor (Curanmor) Honda Vario, Rabu (30/9/2015) lalu di Jalan Merbabu, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda.

“ Pelaku kami tangkap, Kamis (1/10/2015) dini hari sekitar pukul 01.30 Wita saat sedang membawa motor curian tersebut. Bahkan pelaku sempat melakukan perlawanan dan berkelahi dengan anggota, namun berhasil ditaklukkan,” terang Kanit Jatanras Polresta Samarinda, Ipda Yusuf kepada wartawan.

Kepada petugas, Sayudin mengaku sudah melakukan pencurian di tiga lokasi. Untuk barang bukti yang diamankan saat ini Honda Vario KT 2182 BN dan Yamaha Xeon. “ Pelaku mengaku baru tiga kali dan dia spesialis mencuri sepeda motor yang kuncinya masih menempel di kontak,” jelas Yusuf.

Bahkan, lanjut Yusuf, sepeda motor yang dicuri di Jalan Merbabu itu sempat diganti plat kendaraannya oleh Sayudin untuk mengelabui petugas. Hanya saja upaya yang dilakukan Sayudin gagal dan berhasil ditangkap. “ Baru dua motor, kita masih mencari Honda Beat yang juga dicuri pelaku,” tuturnya.

Meski ada tiga lokasi pencurian, hingga kini polisi baru menerima satu laporan saja, yakni pemilik Honda Vario, Ilwan Gandi (31) warga Jalan AW Syahranie, Gang 6, Kel Sempaja Selatan, Samarinda Kota yang dicuri di depan Rumah Toko (Ruko) di Jalan DI Panjaitan. “ Baru satu, yang lain belum,” ungkapnya.

Terkait pencurian ini, Yusuf memperkirakan masih ada pelaku lainnya yang satu komplotan dengan Sayudin. Untuk itu pihaknya masih melakukan pengembangan dilapangan. “ Masih dikembangkan dan dilakukan penyelidikan dilapangan,” katanya.

Terpisah, Sayudin membenarkan kalau dirinya telah tiga kali mencuri motor. Namun pencurian yang pertama kali dilakukannya sudah cukup lama terjadi. “ Kalau yang baru-baru ini hanya dua motor, kalau yang satunya sudah lama,” akunya.

Motor yang dicurinya, dikatakan Sayudin, hanya dipakai sendiri, tidak untuk dijual. Alasan dia mencuri lantaran tidak memiliki uang setelah lama tidak bekerja. “ Sekarang saya pengangguran, jadi nggak punya uang,” ucap mantan sekuriti ini. (Naa)

Berikan Tanggapanmu