Barang Bukti Narkoba 2014 – 2015 Dimusnahkan

1News.id, Kutai Kartanegara – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tenggarong, Selasa (22/9/2015) pagi sekitar pukul 10.00 Wita memusnahkan sejumlah barang bukti narkoba hasil pengungkapan kasus narkoba di Kutai Kartanegara (Kukar). Barang bukti yang dimusnahkan yakni 1,5 kilo Ganja, 31.777 butir Pil Koplo, 391 poket atau 250 gram sabu, 41 buah alat hisap atau bong dan 23 buah buku tabungan. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan di rendam ke dalam air.

Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil kejahatan tahun 2014 – 2015. Dalam pemusnahan barang bukti itu dihadiri langsung Kepala Kejari Tenggarong Bambang Hariyanto, Wakapolres Kukar Kompol Indratmoko, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong Tardi, Kasat Resnarkoba AKP Suwarno serta kepala Muspida Kukar. “ Pemusnahan ini kita lakukan secara terbuka dan disaksikan oleh masyarakat. Hal itu kita lakukan agar barang bukti yang diamankan benar-benar dimusnahkan,” ucap Bambang kepada wartawan.

Bambang mengungkapkan, meski sudah banyak kasus narkoba yang berhasil diungkap oleh pihak kepolisian, tidak membuat angka peredaran narkoba di Kukar malah menurun. Apalagi banyak cara agar barang haram tersebut bisa masuk ke Indonesia. “ Bisa lewat TKI atau TKW yang bekerja di negara luar dengan berbagai cara untuk menyelundupkannya. Kebanyakan barang-barang ini berasal dari Malaysia,” terangnya.

Meski demikian, dia menghimbau kepada masyarakat di Kukar agar tidak takut untuk melaporkan apabila melihat adanya kegiatan narkoba disekitarnya. “ Kalau ada teman sendiri yang lagi pakai narkoba laporkan saja, karena pemakai kebanyakan dari anak muda. Kalau tidak berani bagaimana nasib para penurus bangsa ini. Jadi saya minta jangan takut, kalau lihat kegiatan narkoba segera laporkan,” tegas Bambang. (jui)

Berikan Tanggapanmu