1News.id, Kutai Kartanegara – Seorang pemuda berusia 18 tahun bernama M Nor Aminullah warga Desa Loa Tebu, RT 11, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) ditangkap Unit Opsnal Reskrim Polres Kukar. Dia ditangkap karena melakukan pencurian sepeda motor (curanmor). “ Pelaku kami tangkap karena mencuri dua unit sepeda motor di Tenggarong dan Muara Kaman,” kata Kapolres Kukar AKBP Handoko melalui Kasat Reskrim AKP Ida Bagus WS kepada 1News.id, Rabu (3/6/2015) siang.

Pria yang akrab disapa Amin ini ditangkap di rumahnya yang berada di Kelurahan Kampung Baru, Tenggarong, Selasa (2/6/2015) sore sekitar pukul 17.00 Wita. Penangkapan dipimpin langsung Kanit Opsnal Polres Kukar Ipda Aksar. Pencurian yang dilakukan Amin terjadi pada Selasa (26/5/2015) malam sekitar pukul 23.00 Wita di depan pos jaga PT Tanito Harum, Dusun Bengkinang, RT 12, Loa Tebu, Tenggarong. Kemudian Rabu (27/5/2015) dini hari sekitar pukul 02.00 Wita di depan Mess PT Khaleda, Kecamatan Muara Kaman.

Saat mencuri di Loa Tebu, Amin mencuri sebuah sepeda motor merek Viar warna merah bernomor polisi (bernopol) KT 2550 CB, sedangkan di Muara Kaman Amin kembali mencuri sepeda motor merek Honda Vierza bernopol KT 5802 IM. Sehingga dalam waktu semalam Amin berhasil mencuri dua unit sepeda motor. “  Jadi usai mencuri sepeda motor merek Viar pelaku langsung kabur ke Muara Kaman. Nah, sesampainya di Muara Kaman pelaku melihat Honda Vierza dan kuncinya masih menempel dikontak. Karena lebih bagus, pelaku menukarnya dan meninggalkan sepeda motor Viar di Muara Kaman,” beber Kasat.

Terungkapnya kasus ini berawal saat polisi mendapatkan informasi dari masyarakat yang melihat sepeda motor merek Honda Vierza KT 5802 IM berada di Kampung Baru dan sedang digunakan oleh Amin. Dari informasi itulah polisi langsung mendatangi rumah Amin. “ Saat kita geledah ternyata benar, sepeda motor yang hilang di Muara Kaman ada di dalam rumahnya. Kemudian saat kami tanya sepeda motor yang hilang di Loa Tebu, pelaku mengatakan ditinggal di Muara Kaman,” tutur dia.

Saat ini, lanjut Bagus, pihaknya masih melakukan pengembangan dalam kasus ini. Untuk sementara baru dua unit sepeda motor yang diamankan sebagai barang bukti. “ Masih kita kembangkan apakah ada pemain lain atau tidak. Tapi pelaku sudah kita tetapkan tersangka, dia kita kenakan Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian dengan ancaman pidana diatas lima tahun penjara,” pungkasnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu